08 October 2019, 12:32 WIB

MRT Jakarta Siap Penuhi Panggilan KPPU


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/PIUS ERLANGGA
 MI/PIUS ERLANGGA
Penumpang MRT mengisi waktu perjalanan dengan membaca buku.

PT MRT Jakarta siap jika nantinya dipanggil Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait tender pengadaan perangkat lunak kode QR.

Namun, Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin mengatakan pihaknya belum menerima surat pemanggilan dari KPPU.

"Surat panggilan dari KPPU belum kami terima. Setelah surat pemanggilan kami terima tentu kami akan penuhi panggilan tersebut," kata pria yang akrab disapa Kamal itu saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (8/10).

Kamal menyebut mengenai rencana pemanggilan dari KPPU itu pun ia ketahui dari media.

Hingga saat ini, belum ada komunikasi langsung antara KPPU maupun PT MRT Jakarta.

"Kami juga baru mendapatkan informasi dari media bahwa panggilan KPPU tersebut akan terkait pembayaran QR Code. Belum ada komunikasi langsung dari KPPU kepada MRT Jakarta," ungkapnya.

Baca juga: KPPU Pantau Lelang Program QR Code MRT Jakarta

Sebelumnya, KPPU berencana memanggil PT MRT Jakarta memantau jalannya lelang program kode QR yang diselenggarakan PT MRT Jakarta.

Pemanggilan yang dilakukan KPPU baru pada tahap ingin mengonfirmasi dan meminta kejelasan terkait jalannya lelang pengadaan perangkat lunak kode QR.

PT MRT Jakarta sebelumnya berencana mengadakan sistem tap in dan tap out tiket di gate Moda Raya Terpadu (MRT) menggunakan kode QR pada aplikasi 'smartphone'.

Untuk mengadakan kode QR ini, MRT pun mengadakan tender yang diikuti oleh perusahaan berbasis aplikasi layanan pembayaran digital.

Masyarakat diharapkan bisa menggunakan kode QR ini untuk tap out dan tap in tiket di MRT paling cepat bulan ini atau akhir tahun ini. (OL-2)

BERITA TERKAIT