08 October 2019, 14:15 WIB

Rekaman The Beatles yang Hilang Ditemukan


Azhar Bagas Ramadhan | Hiburan

AFP/JIJI PRESS
 AFP/JIJI PRESS
The Beatles

REKAMAN The Beatles yang hilang pada 1965 telah ditemukan di tempat roti di Wales. Rekaman itu ditemukan saat pembersihan di sebuah rumah, rekaman itu memperlihatkan Fab Four sedang diwawancarai di Cardiff.

Rekaman itu sekarang bernilai 10.000 pound sterling atau sekitar Rp174,5 juta dan telah digambarkan sebagai penemuan hebat oleh Paul Fairweather dari Omega Auctions.

Rekaman itu memperlihatkan John Lennon, Paul McCartney, George Harisson, dan Ringo Starr bercanda dalam sebuah wawancara, sebelum mereka mengungkapkan bahwa "tidak ada bisnis (lain) yang seperti bisnis pertunjukan."

Selain itu, ditemukan juga rekaman tambahan yang ditemukan dari 1967, yang menunjukkan The Beatles berbicara tentang sosok spiritual asal India, Maharishi Mahesh Yogi, dan tentang hubungan mereka dengan bacaannya.

Baca juga: Rich Brian, Piawai Memasak sebelum Bermusik

"Tentu saja itu bukan pemujaan dan jika kita tidak menganggapnya serius, kita tidak akan berada di sini," kata Lennon dalam rekaman dari 1967 tersebut.

Ada juga rekaman lain yang memiliki harga yang sama yaitu sekitar Rp174,5 juta yang berisi Lennon memainkan versi akustik God, sebuah lagu solo yang ia rilis pasca-The Beatles.

"Keempat anggota Beatles itu berada dalam kondisi yang baik di kedua film Cardiff, tertawa dan bercanda, sementara pewawancara mencoba tetap serius. Kualitas suara dan gambarnya luar biasa. Saya rasa ini tidak pernah terlihat sejak 1965," komentar Fairweather.

Sementara itu, rekaman yang baru ditemukan itu mengungkapkan band ini dalam pembicaraan untuk membuat album lain setelah Abbey Road.

Dalam rekaman itu, terdapat ketegangan yang merusak tahun-tahun terakhir The Beatles. McCartney juga terlihat mengatakan, "Saya pikir sampai album ini bahwa lagu-lagu George tidak sebagus itu."

Kemudian, George Harrison balas, "Itu masalah selera. Semuanya, orang-orang menyukai lagu saya.” (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT