08 October 2019, 09:20 WIB

Sekolah Legislatif NasDem Didik 1.808 Legislator


Putra Ananda | Politik dan Hukum

MI/Adi Maulana Ibrahim
 MI/Adi Maulana Ibrahim
Direktur Akademi Bela Negara Partai NasDem IGK Manila bersama peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya .

DPP Partai NasDem kembali melaksanakan sekolah legislatif untuk anggota terpilih DPRD dari Partai NasDem yang berlangsung di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Pancoran Timur, Jakarta Selatan.

Sekolah legislatif Partai NasDem gelombang ke-4 ini diikuti 402 dari 1.808 anggota DPRD kabupaten/kota yang merupakan kader NasDem. Rangkaian sekolah legislatif NasDem gelombang ke-4 akan berlangsung hingga 12 Oktober mendatang.

Pembukaan sekolah legislatif dilakukan Gubernur ABN IGK Manila. “Diharapkan bisa menghasilkan legislator yang memahami tugasnya dan bisa membuat kebijakan publik yang bermanfaat bagi rakyat,” tutur IGK Manila di Gedung ABN NasDem, Pancoran, Jakarta, kemarin.

Peserta sekolah legislatif akan mendapatkan materi pelajaran tentang ke-dewanan sebanyak 40%, kepartaian 30%, dan pembangunan karakter 30%. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Saur Hutabarat menyampaikan cita-cita hadirnya NasDem kepada para peserta sekolah legislatif.

“Cita-cita ketua umum partai ini harus jadi partai yang tidak hanya nasionalis, tapi juga harus merakyat mewakili semua suku bangsa,” tuturnya.

Nining Indrasaleh menambahkan sebelumnya, pada Juli 2019, Partai NasDem telah menggelar sekolah legislatif gelombang pertama untuk anggota terpilih DPR RI. “Jadwal sekolah legislatif ini sudah ditetapkan lama oleh DPP NasDem,” ujar Kepala Sekolah Legislatif Partai NasDem Nining Indra Saleh.

Nining menjelaskan sekolah legislatif tingkat DPRD provinsi dan kabupaten/kota bakal diikuti seluruh wakil rakyat terpilih dari Partai NasDem. Totalnya untuk tingkat DPRD mencapai 1.808 orang. “Kami sudah menyiapkan enam gelombang untuk mengakomodasi seluruh anggota dewan terpilih dari NasDem.”

Pada Pemilu 2019, Partai NasDem meraih 12,7 juta suara (9,0556%). Raihan itu naik ketimbang Pemilu 2014 yang sejumlah 8,4 juta suara (6,724%). Peningkatan perolehan suara tersebut semakin mempertegas partai tanpa mahar ini kian mendapat kepercayaan masyarakat.

“NasDem sudah mempersiapkan seluruh kadernya yang duduk di parlemen untuk tahu betul apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan,” tegas Nining. (Uta/P-2)

BERITA TERKAIT