08 October 2019, 10:15 WIB

Beto Beberkan Kekuatan UEA


*/Faj/R-2 | Sepak Bola

Alberto ‘Beto’ Goncalves
 Alberto ‘Beto’ Goncalves
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

STRIKER andalan tim nasional ­Indonesia, Alberto ‘Beto’ Goncalves, menyatakan tipe permainan kolektif dan agresif menjadi ciri timnas Uni ­Emirat Arab yang harus ­diwaspadai.

Timnas Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada lanjutan pertandingan putaran kedua penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 pada 10 Oktober 2019 di Al Maktoum Stadium, Dubai.

Beto melihat gaya bermain UEA tidak jauh berbeda dengan yang dihadapi Indonesia pada Asian Games 2018 di Jakarta. Saat itu, Indonesia disingkirkan UEA di babak 16 besar lewat adu penalti dengan skor 3-4 setelah laga berkesudahan imbang 2-2 saat waktu normal.

“Saya pikir perbedaan itu ada karena yang sekarang dihadapi tim senior. Namun, saya pikir secara keseluruhan permainan mereka sama karena postur tubuh pemain yang tidak berbeda,” ujar Beto kepada Media Indonesia, kemarin.

Menurut striker Madura United itu, Indonesia wajib mewaspadai permainan agresif yang sering digencarkan skuad besutan Bert van Marwijk itu. Kolektivitas dan agresivitas menjadi modal UEA guna mengalahkan Malaysia 2-1 di Kuala Lumpur, September silam.

Laga melawan UEA bakal menjadi duel penting bagi Indonesia. Tim ‘Merah Putih’ harus meraup poin jika ingin menjaga asa lolos ke babak berikutnya. Indonesia tanpa poin setelah kalah dari Malaysia dan Thailand. UEA menempati posisi kedua dengan koleksi 3 poin.

Di bagian lain, pelatih timnas U-23 Indra Sjafri tengah memantapkan skema penyerangan pada lanjutan pemusatan latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, kemarin. Indra mengatakan sebelumnya ia telah menerapkan skema bertahan untuk 30 pemain yang menghuni skuad untuk dipersiapkan ke SEA Games Filipina, November mendatang. (*/Faj/R-2)

BERITA TERKAIT