08 October 2019, 10:05 WIB

Valverde Pertanyakan Kartu Merah


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP/JOSEP LAGO/MARCO BERTORELLO
 AFP/JOSEP LAGO/MARCO BERTORELLO
Para Pemain Barcelona 

PELATIH Barcelona Ernesto Valverde mengaku heran dengan keputusan wasit memberi kartu merah kepada dua pemainnya, Ousmane Dembele dan Ronald Araujo, saat menggasak tim tamu Sevilla 4-0 pada lanjutan Liga Spanyol, kemarin dini hari WIB.

Ronald Araujo dihukum kartu me­rah oleh wasit Miguel Antonio Mateu Lahoz di menit ke-87 seusai melanggar Javier Hernandez yang lolos dari pengawalan dan tinggal berhadapan dengan kiper Marc Andre ter Stegen. Adapun Ousmane Dembele diusir karena menerima kartu kuning kedua seusai melakukan protes kepada wasit atas pelanggaran yang dilakukan Araujo tersebut.

Valverde menegaskan Ronald Araujo tak pantas menerima kartu merah atas pelanggaran yang ia lakukan. “Menurut saya itu bukan pelanggaran,” kata Valverde seusai pertandingan.

Mengenai protes Dembele kepada wasit, Valverde mengaku tak tahu apa yang diucapkan pemain asal Prancis itu. Valverde mengatakan Dembele tidak fasih bahasa Spanyol dan mungkin tidak akan mengucapkan kalimat yang panjang.

“Saya tidak tahu apa yang ia ucapkan dan itu masih misteri,” kata Valverde yang kini membawa Barca ke posisi kedua klasemen dengan 16 poin, beda dua angka saja dari penguasa klasemen sekaligus rival abadi, Real Madrid.

Seperti dilansir Marca, dalam laporan yang ditulis wasit Miguel Antonio Mateu Lahoz disebutkan Dembele mengucapkan tidak puas dengan kinerja wasit memimpin pertandingan. ‘Buruk, Anda sangat buruk’, begitu tulis laporan wasit.

Atas kartu merah itu, Dembele dan Araujo terancam tidak bisa turun pada laga El Clasico melawan Real Madrid, 26 Oktober mendatang.

Terlepas dari insiden kartu merah itu, Blaugrana tampil percaya diri di kandang sendiri, Stadion Camp Nou. Pesta gol Barcelona dibuka Luis ­Suarez pada menit ke-27. Arturo ­Vidal menggandakan keunggulan pada menit ke-32 setelah menceploskan bola hasil umpan Arthur Melo.

Ousmane Dembele memperlebar jarak melalui gol di menit ke-35. Aksi solo run berhasil ia tuntaskan dengan sepakan mendatar yang gagal dijangkau Tomas Vaclik.

Lionel Messi menyempurnakan kemenangan the Catalans melalui golnya pada menit ke-78. La Pulga, julukan Messi, mencetak gol melalui sepakan bebas dari luar kotak penalti.

Juve enggan jemawa

Dari Liga Italia, seusai menekuk Inter Milan dengan skor 2-1, kemarin dini hari WIB, arsitek Juventus Maurizio Sarri mengaku tidak mau jemawa atas torehan itu. Di derby d’Italia itu, Gonzalo Higuain menjadi aktor kemenangan Juventus lewat gol di menit ke-80.

“Merebut puncak klasemen tidak penting,” kata eks pelatih Chelsea itu seusai pertandingan.

“Yang paling penting ialah kami menunjukkan performa dan karakter melawan tim yang kuat, serta tensi pertandingan yang tinggi. Kami pantas menang,” kata Sarri.

Sebelum aksi Higuain, Juve menghentak publik tuan rumah melalui gol cepat Paulo Dybala di menit ke-4. Lautaro Martinez kemudian menyamakan skor lewat penalti di menit ke-18 setelah bek Juve Matthijs de Ligt tertangkap menyentuh bola di kotak terlarang.

Di kubu Inter Milan, pelatih ­Antonio Conte mengakui Juventus pantas menang. “Saya angkat topi untuk mereka (Juventus). Kami akan bekerja lebih keras lagi,” kata Conte. Pengalaman yang dimiliki pemain Juventus mampu mengatasi tekanan pertandingan dengan tensi tinggi. (Marca/AFP/footbalitalia/R-2)

BERITA TERKAIT