08 October 2019, 06:39 WIB

Korut Ancam Dewan Keamanan PBB


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Johannes EISELE
 AFP/Johannes EISELE
Duta Besar Korea Utara untuk PBB Kim Song

KOREA Utara (Korut), Senin (7/10), menegaskan mereka tidak akan tinggal diam jika ada upaya dari Dewan Keamanan (DK) PBB untuk mengganggu apa yang mereka sebut 'upaya mempertahankan diri', mengacu pada uji coba rudal yang dilakukan Pyongyang.

Tiga negara Eropa--Inggris, Prancis, dan Jerman--meminta digelarnya pertemuan tertutup DK PBB pada Selasa (8/10) untuk membahas uji coba rudal Korut pada pekan laly yang disebut merupakan pelanggaran serius atas resolusi PBB.

Duta Besar Korut untuk PBB Kim Song mengatakan mengangkat isu itu hanya akan meningkatkan semangat Korut untuk melindungi kedaulatan mereka.

Baca juga: Perundingan Nuklir AS-Korea Utara Gagal Capai Titik Temu

Peringatan itu dilontarkan Korut dua hari setelah mereka menghentikan perundingan nuklir dengan Amerika Serikat (AS) di Swedia.

Diplomat Korut itu juga meminta ketiga negara Eropa itu untuk mempertimbangkan kembali aksi mereka sembari menegaskan, "Merka seharusnya tahu kami tidak akan tinggal diam atas upaya mengganggu kedaulatan kami."

Korut tengah menghadapi tiga set sanksi ekonomi PBB, yang terparah dijatuhkan pada 2017 setelah Pyongyang melakukan uji coba nuklir serta rudal jarak jauh. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT