07 October 2019, 12:45 WIB

Pastikan Kondusif, Kapolda dan Bupati Keliling Kota Wamena


Ferdian Ananda Majni | Nusantara

Dok.Humas Polda
 Dok.Humas Polda
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyapa pengungsi dari Wamena di salah satu penampungan di Jayapura, Selasa (1/10)

KAPOLDA Papua Irjen Paulus Waterpauw memastikan kondisi Kota Wamena, Papua, telah kondusif dan giat ekonomi masyarakat di sejumlah pasar juga telah normal.

"Kami bersama Pak Bupati dan Pak Dan Korbrimob serta beberapa teman lainnya mencoba memutar keliling kota Wamena," kata Paulus di Wamena Papua, Senin (7/10).

Bersama pemerintah setempat, ia juga mengunjungi posko pengungsian di Ilaga dan bertemu masyarakat Nduga. Selain itu, aktivitas belajar mengajar juga sudah mulai berjalan seperti sediakala.

"Sekolah sudah beberapa yang melayani namun belum maksimal muridnya, tinggal survei dan bersih-bersih lingkungan. Tadi saya jumpa dengan anak-anak dan guru SMA Negeri 1, SMA PGRI, tempat yang dulu awal masalah," sebutnya.

Dalam pertemuan itu, ia memastikan para guru sudah mulai pulih, baik pikiran maupun perasaannya dari rasa takut serta kekhawatiran akibat peristiwa beberapa pekan lalu tersebut.

"Beberapa anak-anak yang sudah masuk juga terlihat gembira, ada yang bermain basket, duduk-duduk, cerita-cerita, baik sekali suasana kebatinannya," lanjutnya.

Baca juga: Hikmahanto: Isu Diskriminatif di Papua tak Mendasar

Rombongan Bupati Jayawijaya dan Kapolda juga mendatangi Taman Kanak-Kanak Setia Hati, kemudian mampir di Pasar Sinakma, Wamena Papua.

"Saya lihat anak-anak sudah masuk dan ibu yang mengantar juga senang. Di Pasar Sinakma bertemu dengan pedagang mama yang jual barang dan sayuran. Semuanya dalam kondisi sudah baik dan kondusif," pungkasnya.

Senin (7/10) siang ini, forkopimda setempat juga akan melakukan pertemuan guna membahas langkah dan tindak lanjut terkait kondisi Wawena yang telah kondusif dan aman.

Sebelumnya, Komandan Lanud Silas Papare, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Tri Bowo, di Jayapura, Minggu (6/10), mengakui para pengungsi ada yang menggunakan pesawat hercules milik TNI AU dan ada juga yang menggunakan penerbangan reguler dari Wamena ke Sentani.

Puluhan ribu pengungsi itu ditampung di berbagai penampungan yang ada di Kabupaten dan Kota Jayapura, namun sebagian kecil di antaranya sudah pulang ke kampung halaman.

Mabes TNI AU masih menyiagakan dua Hercules untuk mengangkut pengungsi dari Wamena ke Sentani. Sebelumnya, Mabes TNI AU mengerahkan empat hercules untuk mengangkut warga yang ingin mengungsi pascakerusuhan berdarah di Wamena

"Belum bisa dipastikan hingga kapan evakuasi warga dilakukan," tambah Marsma TNI Tri Bowo.  

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengakui kondisi kamtibmas di Wamena dan sekitarnya berangsur kondusif karena itu pihaknya mengimbau agar para pengungsi mau kembali.  

"Aparat keamanan sudah dikerahkan untuk mengamankan wilayah tersebut sehingga masyarakat tidak perlu takut," harap Kombes Kamal.(OL-5)

BERITA TERKAIT