07 October 2019, 04:30 WIB

Oscar Lawalata : Ajak Anak Muda Cintai Kain


(Wan/H-1) | Hiburan

ANTARA
 ANTARA
Desainer Oscar Septianus Lawalata

BERAKTIVITAS di industri feysen membuat desainer Oscar Septianus Lawalata atau yang akrab dipanggil Oscar Lawalata, 42, itu jatuh cinta pada kain wastra Nusantara, terutama batik dan tenun.

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Oscar pun mempersembahkan pameran kain bertajuk I am Indonesia the Future: Aku dan Kain di lantai satu Senayan City sepanjang Oktober. “Sekarang orang sedang ramai-ramai mencari kain tenun ikat Sumba, tetapi mereka enggak tahu di sana ada kain tenun Biboki, So’e, dan Insana. Mereka juga kadang tak mengenal kain dari berbagai daerah. Dari situ kita ingin mengenalkan keberagaman kain Nusantara yang kaya,” kata Oscar saat pembukaan pameran.

Berkolaborasi dengan fotografer Glenn Prasteya, Oscar menampilkan 100 kain tenun dan batik dari koleksi pribadinya selama 20 tahun terjun di industri feysen. Kain-kainnya yang didapat langsung dari pengrajin aslinya itu dipajang menjadi instalasi, bahkan dibiarkan untuk dijadikan spot foto. 

Tak hanya dipajang, pameran itu pun menampilkan visual dari 100 kain milik pribadi Oscar yang dikenakan figur muda masing-masing, dimaksudkan untuk mengajak banyak anak muda mencintai kain Nusantara.(Wan/H-1)
 

BERITA TERKAIT