06 October 2019, 19:10 WIB

Kebakaran Hanguskan 322 Hektare Hutan Gunung Merapi


Tosiani | Nusantara

ANT/Siswowidodo
 ANT/Siswowidodo
Petugas menyemprotkan air untuk memadamkan api kebakaran hutan di Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. 

API yang membakar areal hutan lindung Gunung Merapi sisi Magelang, Jawa Tengah, akhirnya dapat dipadamkan pada Minggu (6/10) petang. Kebakaran tersebut menghanguskan 322 hektare tanaman pinus, semak-semak, dan alang-alang.

"Kondisi terakhir dari kebakaran hutan, sekarang sudah padam, tinggal sisa asap di bekas lokasi kebakaran. Luas area terbakar ada 322 ha dengan jenis tanaman pinus, semak, dan alang-alang," tutur Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Edy Susanto, Minggu (6/10).

Hutan Gunung Merapi terbakar sejak Sabtu (5/10) lalu. Upaya pemadaman dilakukan dengan membagi tim menjadi tiga, yaitu Tim 1 di daerah Gentong bertugas melakukan mop up atau memadamkan bara api yang masih menyala.


Baca juga: Produksi Kelapa Sawit di Kalteng Menurun Akibat Kabut Asap


Adapun Tim 2 di daerah Kandang Macan melakukan penyisiran untuk melokalisasi kebakaran supaya tidak meluas. Sedangkan Tim 3 di daerah Bokong Semar melakukan penyisiran untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran.

Kegiatan pemadaman kebakaran, katanya, dimulai pukul 7.30 WIB. Adapun personel yang melakukan pemadaman berjumlah 700-an orang. Mereka dari TNGM, TNI, Polri, BPBD Magelang, Damkar Magelang, PMH, Guruh Merapi, Banser, MDMC, PKK Desa Ngargosoko, Mapala, dan relawan lain.

"Upaya pemadaman menggunakan alat mekanis berupa pompa, selang, mobil slip on unit, mobil tangki air, gepyok, sekop/senggrong, dan parang," kata Edy. (OL-1)

BERITA TERKAIT