06 October 2019, 17:00 WIB

Warga Banyumas Siap Kawal Pelantikan Jokowi-Amin


Liliek Dharmawan | Nusantara

MI/Liliek Dharmawan
 MI/Liliek Dharmawan
Komunitas Ebeg menampilkan kesenian Ebeg di Banyumas, Jawa Tengah

SEJUMLAH elemen masyarakat di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyelenggarakan acara dukungan dan pengawalan menuju pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden.Minggu (6/10) pagi di Alun alun Purwokerto.

Sekitar 30 elemen pendukung Jokowi menyelenggarakan panggung hiburan yang diisi orasi, pembacaan  puisi, menyanyi dan lainnya. Kemudian pada sore hari, Komunitas Ebeg  Banyumas menggelar seni ebeg di Lapangan Glempang, Bancarkembar,  Purwokerto Utara.

Koordinator Acara di Alun alun Purwokerto Mukhsonudin mengatakan gelaran  dukungan terhadap pasangan terpilih Jokowi-Amin didukung oleh 30 elemen.

"Ada puluhan elemen yang mendukung acara ini. Prinsipnya, kami mengawal dan mendukung sepenuhnya Jokowi-Amin dilantik menjadi presiden dan wakil presiden. Inilah bentuk dukungan tanpa harus bertindak anarkis. Kami  mendukung dengan acara santai dengan menggelar nyanyi, puisi, dan orasi. Semuanya berlangsung damai," ujarnya.

Para pendukung Jokowi-Amin juga membubuhkan tanda tangan di kain putih yang disediakan di lokasi setempat. Bahkan, Wakil Bupati Banyumas Sadewo  Tri Lastiono ikut serta.

Baca juga : Forum Alumni Bersatu Siap Kawal Pelantikan Jokowi-Amin

Ia menyatakan, acara yang digelar oleh  elemen pendukung Jokowi-Amin ini merupakan bentuk dukungan yang riil. Apalagi di Banyumas, kemenangan Jokowi-Amin mencapai lebih dari 74%.

"Ini adalah dukungan riil masyarakat dan mengawal Jokowi-Amin sampai pelantikan nantinya. Saya juga meminta kepada pendukung Jokowi-Amin untuk tetap mendukung dengan cara-cara yang bersahabat dan tidak anarkis," tegasnya.

Salah seorang pendukung dari Cilongok, Aris, menegaskan warga di Kecamatan Cilongok, khususnya warga nadliyin siap untuk mengawal Jokowi-Amin sampai pelantikan mendatang.

"Kami siap menjaga, terutama  kalau ada rongrongan dari kelompok khilafah. Kami siap untuk menjaga  NKRI dan melakukan pencegahan terhadap aksi-aksi yang merongrong NKRII," tandasnya.

Sementara pada sore harinya, Komunitas Ebeg Banyumas menggelar kesenian ebeg di Lapangan Glempang, Kecamatan Purwokerto Utara. Ada 10 komunitas  yang bermain dan ditonton sekitar 500 warga.

"Ini adalah ekspresi seniman, khususnya ebeg dalam mengawal kemenangan Jokowi-Amin. Karena  kami mendengar, ada pihak-pihak yang ingin membatalkan pelantikan. Kami siap untuk mengawalnya," tegas Penasihat Komunitas Ebeg Banyumas, Suherman.

Menurutnya, dengan pertunjukan ebeg ini, pihaknya ingin menyatukan semangat para pendukung Jokowi-Amin untuk merapatkan barisan kembali sampai pada pelantikan mendatang.

"Kami komunitas seniman Banyumas khususnya ebeg, memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pendukung Jokowi-Amin agar tidak ada hambatan sampai pelantikan mendatang," ujarnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT