06 October 2019, 15:00 WIB

Trans-Jakarta Kaji Rute ke Stasiun KA Bandara Manggarai


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Bary Fathahilah
 MI/Bary Fathahilah
Penumpang menunggu bus TransJakarta di Halte TransJakarta Pasar Baru Timur, Jakarta, Selasa (10/9). 

PT Transjakarta akan mengkaji kemungkinan membuka rute bus Trans-Jakarta menuju akses pintu utama Stasiun KA Bandara Manggarai.

Stasiun KA Bandara Manggarai sebelumnya sudah resmi beroperasi melayani 68 perjalanan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (5/10).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan dalam membuka rute pihaknya terlebih dulu harus melalui masukan serta permintaan dari masyarakat. Dari situ, PT Transjakarta akan melalukan studi kelayakan pembukaan rute.

"Untuk membuka sebuah rute, setelah mendapatkan masukan-masukan, dan permintaan kami perlu lakukan studi kelayakan," kata Nadia ketika dihubungi Media Indonesia, Minggu (6/10).

Untuk itu, sementara ini belum akan melakukan pembukaan rute Trans-Jakarta menuju Stasiun KA Bandara Manggarai. Sebab, stasiun tersebut baru beroperasi. Nadia akan memantau perkembangan permintaan penumpang terlebih dulu.

"Tentunya kami mendengarkan masukan dan kebutuhan kebutuhan masyarakat dan warga DKI," tegasnya.

Baca juga: Penumpang Minta Akses ke Stasiun KA Bandara bisa dari KRL

Sebelumnya, Stasiun KA Bandara Manggarai, Sabtu (5/10), resmi beroperasi. Stasiun KA Bandara Manggarai masih satu lokasi dengan Stasium KRL Manggarai. Pada stasiun itu, KA bandara menggunakan peron 9-10 sementara KRL menggunakan peron 1-8.

Namun, meski berada di lokasi yang sama, penumpang KRL belum dapat otomatis berganti moda ke KA bandara karena belum terintegrasinya akses masuk.

Akses tap in dan tap out KRL menjadi KA bandara menurut Direktur Utama PT Railink masih ditutup karena ada pengerjaan fisik yang dilakukan di Stasiun Manggarai.

Akibatnya, pintu utama Stasiun KA Bandara Manggarai yang berada di sisi paling barat stasiun menjadi akses satu-satunya bagi penumpang menuju stasiun tersebut. Hal ini sempat dikeluhkan oleh penumpang karena jarak menuju akses utama cukup jauh dari Stasiun KRL Manggarai.(OL-5)

BERITA TERKAIT