06 October 2019, 13:07 WIB

Mendag Sebut Pemasaran Produk Lewat E-commerce Lebih Efektif


Ihfa Firdausya | Ekonomi

Mi/Depi Gunawan
 Mi/Depi Gunawan
Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukito. 

MENTERI  Perdagangan Enggartiasto Lukita menilai pemasaran produk lokal melalui perdagangan elektronik (e-commerce) murah dan efektif.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara peresmian program e-commerce market place 'From Local Go Global' di Plaza Sarinah, Jakarta, Minggu (6/10).

"Kalau satu bulan satu hari saja, hanya memasarkan dan menjual untuk produk dalam negeri, itu bermanfaat sekali," ujar Mendag.

Mendag menyebut cara pemasaran produk lokal melalui e-commerce sudah harus digalakkan di tengah ketidakpastian ekonomi global.

"Pada satu titik saya yakin kesadaran itu akan semakin meningkat di tengah situasi global yang serba tidak menentu ini. Ketidakpastian ekonomi ini benar-benar mengkhawatirkan," imbunya.

Menurut Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor Kadin, Handito Joewono, program e-commerce ini didorong agar produk Indonesia dapat tampil lebih baik di pasar Internasional.

"Selama ini kita ketahui e-commerce dipakai untuk masuk ke dalam negeri kalau cross border," ungkap Handito di tempat yang sama.

Melalui acara peresmian program e-commerce market place 'From Local Go Global' ini, lanjut Handito, bazar-bazar dihadirkan guna memperkenalkan produk-produk dalam negeri.

"Kita ingin dorong melalui bazar-bazar ini dan juga deklarasi komitmen para pelaku usaha di depan Menteri Perdagangan dan Wakil Ketua Kadin untuk mendorong pemanfaatan e-commerce sebagai sarana untuk masuk ke pasar global," tuturnya.

Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan Benny Soetrisno juga mengungkapkan pentingnya peran e-commerce dalam pemasaran produk lokal.

"Pada saat ini dengan kemajuan teknologi, e-commerce merupakan suatu sarana yang mau gak mau harus (digunakan)," ujar Benny. (OL-09)

BERITA TERKAIT