06 October 2019, 06:30 WIB

Kemesraan TNI-Polri Kunci Stabilitas


Golda Eksa | Politik dan Hukum

Istimewa
 Istimewa
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan kejutan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

ADA yang berbeda pada HUT ke-74 TNI tahun ini. Kemesraan antara Polri dan TNI tampak terlihat di semua daerah. Di Jakarta, bahkan Kapolri langsung mendatangi rumah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk memberikan kejutan.

Kejutan itu berupa kue besar dengan tulisan 'Dirgahayu TNI ke-74'.

"Surprise tadi pagi, pukul 06.30 WIB. Panglima TNI sama sekali tidak tahu Pak Kapolri akan mampir ke rumah dinasnya untuk memberi kue," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal.

Iqbal yang turut hadir dalam kunjungan tersebut menuturkan Tito tak hanya membawakan kue, tetapi juga tumpeng kecil sebagai simbol tanda syukur. Selain itu, Tito juga membawa marching band mini agar semakin meriah. "Tumpeng plus bawa tim kecil marching polwan untuk semarakkan kejutan tersebut," ucap Iqbal.

Hal serupa juga dilakukan Wakapolri Komjen Ari Dono kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Wakapolri juga beri surprise ke KSAL di kediaman dinas,' ujar Iqbal.

Di gedung parlemen, prajurit TNI yang mengamankan Gedung DPR RI mendapatkan kejutan pada HUT ke-74 dari pasukan Brimob. Pasukan Korps Brimob Polri memberi kue ulang tahun kepada para prajurit tersebut. Dua kue ulang tahun ini diberikan ketika ratusan personel TNI sedang berbaris di tangga depan Gedung Nusantara III. Saat para TNI sedang berbaris, anggota Korps Brimob datang dari samping gedung dan mengejutkan para prajurit tersebut.

Ada dua anggota Brimob yang datang sambil membawa dua kue ulang tahun menghampiri para prajurit TNI. Di belakang dua anggota Brimob ini, puluhan pasukan Brimob mengikutinya sambil memegang spanduk.

Kue yang bertulisan 'Dirgahayu TNI ke-74 Tahun 2019' dari Korps Brimob Polri ini pun diterima perwakilan TNI. Kue diterima dan dilanjutkan dengan meniup lilin.

Meriah

Di Tasikmalaya, anggota Polwan Kabupaten dan Kota Tasikmalaya juga tak luput memberikan kejutan. Bertempat di Lapangan Kompleks Dadaha, Kecamatan Tawang, kejutan yang diberikan ialah berupa kue yang dihias menjadi pesawat tempur dan tank.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP Atik Suswanti mengakui itu semua dilakukan supaya semua kesatuan semakin solid untuk menjaga NKRI. Dalam menjalin kebersamaan tersebut, polwan juga memberikan pelayanan terutama bagi anggota TNI berupaya perpanjangan SIM, STNK, dan kesehatan.

"Kebersamaan ini tentunya untuk mempererat tali silaturahim antarkesatuan karena TNI dan Polri tentunya selama ini memiliki tugas untuk memberikan pelayanan terutama membantu masyarakat yang terkena bencana alam dan kebakaran lahan dan hutan termasuknya para purnawirawan TNI yang telah mengabdi demi bangsa dan negara demi NKRI," ujarnya.

Di Probolinggo, polres memberikan kado spesial bagi jajaran anggota TNI Kodim 0820 berupa pemberian 50 SIM gratis.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mendatangi markas Kodim 0820 Probolinggo dan memberikan langsung pemberian SIM gratis. Ini sebagai bentuk penghormatan Polri terhadap TNI.

"Saya ucapkan selamat merayakan HUT ke-74 untuk TNI. Khususnya Kodim 0820 dan jajarannya. Semoga semakin bersinergi dalam menjalankan tugas untuk NKRI," terang kapolres. (BN/PO/RF/AD/SL/P-1)

BERITA TERKAIT