05 October 2019, 17:24 WIB

Pendakian Gunung Raung via kalibaru Ditutup Sementara


Usman Afandi | Nusantara

ANTARA/BUDI CANDRA SETYA
 ANTARA/BUDI CANDRA SETYA
Kebakaran di Gunung Raung terlihat dari Pos 1 Jatirono, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (5/10). 

AKTIVITAS pendakian gunung raung via kalibaru, Banyuwangi Jawa Timur sementara waktu ditutup, Sabtu (5/10) hingga waktu yang tidak ditentukan karena terjadi kebakaran hutan yang begitu hebat.

"Dari hasil kordinasi kami bersama, sementara ini kami sepakat untuk menutup, sampai kebakaran berhasil dipadamkan," ujar petugas Basarnas wilayah Banyuwangi, Risky, kepada Media Indonesia. Sabtu (5/10).

Menurut Risky, kebakaran yang terjadi di kawasan hutan Gunung Raung yang setinggi 3,332 mdpl tersebut hingga saat ini masih belum bisa dipadamkan. Dengan demikian, untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan petugas memutuskan untuk menghentikan sementara aktivitas pendakian.

"Kami perkirakan sampai satu minggu, dan kami juga akan memantau termasuk jalur pendakian. Setelah dinyatakan aman aktivitas pendakian akan dibuka kembali," terangnya.

Baca juga: 13 Pendaki Gunung Raung Berhasil Diselamatkan

Sementara itu, Kordinator Basarnas wilayah Jember, Asnawi,  menjelaskan kebakaran yang saat ini terjadi di gunung raung berada di lokasi puncak. Kebakaran tersebut mengarah ke Barat jauh dari jalur pendakian.

"Untuk pemantauan kami masih berlanjut, untuk titik api, yang jelas ada di sektor puncak. Terlihat dari tadi pagi api mengarah ke Barat," ungkap Asnawi, Sabtu (5/10).

Gunung raung yang setinggi 3,332 mdpl merupakan salah satu gunung yang memiliki rute yang sangat ekstrem. Untuk upaya pemadaman api tersebut tim membutuhkan mental dan fisik yang kuat. Agar proses pemadaman api berjalan lancar dan aman.

Terkait dengan pendaki di wilayah Bondowoso, kata Asnawi, pihaknya akan berkordinasi dengan Basarnas setempat untuk menutup sementara jalur pendakian Bondowoso. Hal ini menurutnya untuk Keselamatan bersama.

Selain itu guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Asnawi juga mengimbau kepada masyarakat lainnya agar selalu waspada agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. (A-4)
 

BERITA TERKAIT