05 October 2019, 16:19 WIB

Wiranto, Panglima TNI, Kapolri, dan 4 Menteri Datangi Wamena


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menko Polhukam Wiranto

SITUASI di Wamena, Papua mulai kondusif pascakericuhan yang terjadi beberapa waktu lalu. Sejumlah menteri bersama Kapolri dan Panglima TNI berencana akan meninjau ke lokasi.

"Senin (7/10), Menko Polhukam Wiranto, Panglima, Kapolri, Mensos, Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, dan Menteri PUPR akan langsung ke lapangan, ke Wamena," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di sela peringatan HUT TNI ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

Dia mengatakan, segala kebutuhan masyarakat dapat disalurkan dengan lancar. Aparat keamanan seperti polisi dan masyarakat turut membantu.

"Alhamdulillah logistik tak masalah, dan bantuan kesehatan termasuk dari lapangan di Wamena semua berjalan baik. Khusus di Wamena ada 3.800 pengungsi yang ada di Wamena yang ikut di Kodim, Koramil dan Polsek," ujarnya.

Harapannya, kegiatan rutin di Wamena bisa dilakukan kembali. Dia ingin kehadiran unsur pemerintahan di sana membuat masyarakat tak lagi ketakutan, sehingga perekonomian tak terganggu.

Sejauh ini, TNI bersinergi dengan Polri dan menjaga beberapa tempat seperti Jayapura dan Wamena. "Tujuannya adalah memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa stabilitas keamanan terus akan kita jaga sehingga perekonomian terus berjalan dengan baik," kata Hadi. (X-15)
 

BERITA TERKAIT