05 October 2019, 16:03 WIB

Bekasi Terpilih Jadi Kota Harmonis lagi


Antara | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Warga berolahraga di area hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (25/8/2019). 

KOTA Bekasi, Jawa Barat meraih penghargaan Kota Harmonis pada ajang Indonesia Award 2019 karena dinilai mampu mengimplementasikan nilai-nilai toleransi dan saling menghargai di tengah masyarakat heterogen.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, Jumat (4/10), mengaku bahagia dan bersyukur karena mampu mempertahankan prestasi serupa yang didapat tahun lalu. "Alhamdulillah, Kota Bekasi menjadi kota toleran harmonis. Ini menjadi bukti nyata hadirnya pemerintah di tengah masyarakat sebagai pengayom dan menjadi perekat," kata dia.

Rahmat menilai seorang pemimpin harus bisa memberikan sebuah harapan dan kepastian terhadap seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, serta antargolongan. "Saya ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, tokoh agama, tokoh masyarakat, terutama warga Kota Bekasi. Yang terpenting mari kita pertahankan prestasi ini," kata Rahmat.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. (Dok Antara)

Menurut dia kehidupan masyarakat di Kota Bekasi yang heterogen selalu dalam kedamaian dan kerukunan serta mampu menjaga toleransi antar umat beragama.

Kota Bekasi terdiri atas 12 kecamatan dengan jumlah penduduk mencapai 2,8 juta jiwa dan dihuni beragam umat beragama, etnis dan suku. "Saya tegaskan, merajut harmonisasi beragama itu suatu keharusan. Modal dasar pembangunan Indonesia yang toleran. Penghargaan ini untuk kita semua warga Kota Bekasi," kata dia.

Baca juga: Kemenag: Kerukunan Umat Beragama Membaik

Indonesia Awards 2019 merupakan penghargaan yang diberikan kepada lembaga pemerintahan, non-pemerintahan maupun perorangan yang telah berkontribusi dan konsisten dalam pembangunan negeri. Indonesia Awards 2019 memberikan lima kategori penghargaan pokok dan satu kategori tambahan kepada tokoh-tokoh Indonesia. Lima penghargaan tersebut yakni Pejabat Publik, Tokoh Muda Bangsa, Atlet Berprestasi, Pemimpin Perusahaan dan Tokoh Favorit. Adapun satu kategori tambahan yakni Lifetime Achievment.

Selain memberikan apresiasi kepada para tokoh bangsa, penganugerahan ini diharapkan mampu menjadi teladan bagi masyarakat untuk menggapai hal yang sama dari para pemenang kategori tersebut. (X-15)

BERITA TERKAIT