05 October 2019, 15:22 WIB

Stasiun KA Bandara Manggarai Resmi Beroperasi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/PUTRI ANISA YULIANI
 MI/PUTRI ANISA YULIANI
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas KA Bandara dari Stasiun Manggarai, Sabtu (5/10) sekaligus meresmikan Stasiun KA Bandara Mangga

STASIUN KA Bandara Manggarai resmi beroperasi mulai hari ini, Sabtu (6/10). Peresmian beroperasinya stasiun ini ditandai dengan pelepasan salah satu perjalanan KA Bandara oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ditemui usai peresmian, Budi menargetkan dengan beroperasinya KA Bandara di Stasiun Manggarai diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang hingga 50%.

"Alhamdulillah hari ini kita melakukan perjalanan pertama dar Manggari menuju Bandara Soekarno-Hatta. Perjalanan dari Manggarai menuju ke bandara juga kurang dari 1 jam yakni 47 menit sampai 56 menit. Ini satu hal yang bagus saya bicara dengan penumpang mereka merasaan dari manggarai ini point to point," kata Budi, Sabtu (5/10).

Jumlah perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai ke Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya mencapai 68 perjalanan dengan rincian 34 perjalanan dari Manggarai ke Soekarno-Hatta dan 34 perjalanan dari Soekarno-Hatta. 

Baca juga: 

Jadwal pemberangkatan pertama dari Manggarai yakni pukul 05.10 WIB dan yang terakhir yakni pukul 21.40 WIB. Sementara perjalanan pertama KA Bandara dari Bandara Soetta yakni pukul 06.20 WIB dan terakhir 23.20 WIB.

Menurut Budi, pembukaan stasiun ka bandara di Manggarai merupakan hal yang sangat positif bagi masyarakat. Sebab, banyak potensi penumpang pesawat yang bisa diakomodasi menggunakan KRL.

"Banyak feeder-nya kan ada Depok, Bogor, Bekasi bisa ke sini. Sementara kalau ke Dukuh Atas itu sedikit. Saya harap dengan tambahan servis ini okupasi penumpang meningkat dan kita bisa meningkatkan pekayanan," ujarnya.

Sebelumnya, Stasiun KA Bandara pertama yang dibuka adalah Stasiun Dukuh Atas BNI City pada 2017 silam. Sama seperti Manggarai, Stasiun Dukuh Atas BNI City juga memiliki 68 perjalanan kereta. (A-4)

BERITA TERKAIT