05 October 2019, 11:29 WIB

Lima PLTS Siap Menerangi Desa-Desa di NTT


John Lewar | Nusantara

Mi/John Lewar
 Mi/John Lewar
Lima PLTS di bangun di Nusa Tenggara Timur yang akan dimanfaatkan oleh 1.114 pelanggan. 

LIMA Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dibangun di Nusa Tenggara Timur. Kepala PLN wilayah NTT, Sulistyoadi Nikolaus mengatakan lima PLTS ini akan diresmikan oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno di Pulau Messah, Labuan Bajo yang direncanakan hari ini, Sabtu (5/10).
 
Nikolaus mengatakan lima PLTS yang akan diresmikan tiga di antaranya berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat, tepatnya di Desa Pasir Putih Pulau Messah dengan 473 calon pelanggan, 150 calon pelanggan di Desa Seraya Merannu, dan 144 calon pelanggan di Desa Batu Tiga. Adapun dua PLTS lainnya terdapat di Desa Nuca Molas, Kabupaten Manggarai berjumlah 273 calon pelanggan, dan 74 calon pelanggan di Desa Usulanu, Kabupaten Rote Ndao.

"Keseluruhan jumlah calon pelanggan untuk lima lokasi PLTS terbarukan berjumlah 1.114 calon pelanggan. Pelanggan PLTS juga menggunakan kWh meter prabayar. Keunggulannya, pelanggan bisa mengatur pemakaian sesuai kebutuhan sendiri, tidak ada biaya langganan, dan mengurangi kemungkinan kesalahan catat meter," kata Nikolaus, Sabtu (5/10).

baca juga: Lembaga Desa Hutan Minta Pemkab Evakuasi Drum Limbah

Ia berharap dengan diresmikannya lima PLTS komunal ini, masyarakat dapat memanfaatkan listrik dengan sebaik-baiknya.

"Sehingga membawa perubahan yang lebih baik terutama untuk kehidupan sosial dan perekonomian masyarakat," tambahnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT