05 October 2019, 09:05 WIB

David Goffin Siap Kalahkan Djokovic di Semifinal Jepang Terbuka


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

AFP/Steven Ryan
 AFP/Steven Ryan
Aksi penampilan petenis asal Belgia, David Goffin. 

PETENIS asal Belgia, David Goffin menyadari bahwa lawan yang dijumpainya di semifinal Jepang Terbuka 2019 ialah rangking satu dunia, Novak Djokovic, pada Sabtu (5/10).

Goffin pun menyadari bahwa penampilan Djokovic saat mengalahkan Lucas Pouille dengan 6-1 dan 6-2 pada babak perempatfinal cukup sempurna.

Penampilan sempurna Djokovic akan menjadi modal untuk memenangi laga melawan Goffin, juara Jepang Terbuka 2017, pada babak semifinal.

Melihat fakta tersebut, Goffin mengaku punya senjata rahasia melawan Djokovic untuk bisa meraih tiket final.

"Kadang-kadang Anda memiliki beberapa peluang, dan beberapa peluang itu harus Anda ambil agar bisa membuat lawan melakukan beberapa kesalahan," tutur Goffin.

"Jika tak punya peluang itu, dan hanya punya kesempatan kecil, saya pun harus mengambilnya, semoga hal ini bisa terjadi di pertandingan (lawan Djokovic)," tambah Goffin.

Dalam tujuh kali pertemuan dengan Djokovic, petenis berusia 28 tahun asal Belgia itu hanya sekali menang. Kemenangan yang diraih pada turnamen lapangan tanah liat ATP Masters 1000 Monte Carlo 2017 di Monako.  

Dengan modal pernah mengalahkan sekali, Goffin berusaha tampil lebih percaya diri saat menghadapi petenis yang telah mengoleksi 16 gelar grand slam tersebut.

Di babak perempat final, Goffin yang menjadi unggulan ketiga dapat mengalahkan dengan mudah petenis nonunggulan dari Korea Selatan, Hyeon Chung, dengan skor 6-2 dan 6-2 dalam waktu 54 menit. 

Goofin mengaku secara khusus siap menggunakan servis tajamnya saat melawan Djokovic.

"Untuk saat ini, senjata saya itu adalah bola servis. Jadi saya harus melayani seperti itu ketika lawan Djokovic. Tapi itu tidak mudah, karena dia adalah pemukul bola terbaik di dunia," tutur Goffin.

Bukan tanpa alasan Goffin melakukan resep rahasia servis tersebut. Fakta di lapangan, Goffin sukses memenangkan 90% dari poin servis pertamanya (27-30) melawan Chung.

Goffi juga membuat 77% dari pukulan pertamanya masuk sehingga membuat petenis nonunggulan asal Korsel itu sulit untuk meraih poin.

Selain mengandalkan servis, Goffin juga ingin memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya dengan bermain agresif saat reli untuk menjaga poin kemenangan. (AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT