05 October 2019, 01:20 WIB

Pterosaurus Raksasa Penghuni Langit Kanada


Dailymail/Rkp/L-2 | Humaniora

DAVID MAAS
 DAVID MAAS
Pterosaurus yang baru diidentifikasi ini merupakan salah satu makhluk terbang terbesar yang pernah ada.

SPESIES pterosaurus yang baru diidentifikasi ini merupakan salah satu makhluk terbang terbesar yang pernah ada, dengan lebar sayap hampir 10 meter dan berat 550 pon. Cryodrakon, dari kelompok pterosaurus Azhdarchid yang sering keliru diberi label 'pterodactyl', ialah reptil terbang yang hidup sekitar 77 juta tahun yang lalu.

Fosilnya ditemukan 30 tahun lalu di Alberta, Kanada. Namun, para paleontolog berasumsi mereka berasal dari spesies pterosaurus yang sudah diketahui dan ditemukan di Texas, bernama Quetzalcoatlus.

Namun, penelitian dari Queen Mary University of London, yang diterbitkan dalam Journal of Vertebrate Paleontology telah mengungkap jati diri cryodrakon, pterosaurus pertama yang ditemukan di Kanada.

Dr David Hone, penulis utama, mengatakan ia dan tim kini dapat menunjukkan bahwa hewan itu berbeda dengan azhdarchids lain dan karenanya ia mendapat nama lain pula. Kerangka utama yang ditemukan ialah cryodrakon muda dengan lebar sayap sekitar 5 meter. Akan tetapi, satu tulang leher raksasa dari spesimen lain menunjukkan cryodrakon dewasa memiliki lebar sayap sekitar 10 meter.

Ini membuat cryodrakon sebanding dengan azhdarchids raksasa lain, termasuk Quetzalcoatlus Texas yang bisa mencapai 10 m lebih (rentang sayap) di sayap dan beratnya sekitar 550 pon. (Dailymail/Rkp/L-2)

BERITA TERKAIT