04 October 2019, 22:32 WIB

La Nyalla Mattalitti, Dari Ketua PSSI Hingga Pimpin Senator


Caksono | Infografis

caksono
 caksono
infografis

Pada Selasa (1/10), pemilihan pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) rampung meski sempat diwarnai silang pendapat dan pemaksaan interupsi sejumlah anggota DPD kepada pimpinan sementara DPD, Jialyka Maharani dan Sabam Sirait.

Hingga akhirnya, senator dari Jawa Timur La Nyalla Mattalitti terpilih sebagai Ketua DPD menggantikan Oesman Sapta Odang (OSO).    

La Nyalla pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI periode 2015 - 2016, sebelum lengser. Di bawah pimpinan La Nyalla, PSSI dihadapkan pada pembekuan atas sanksi yang diberikan oleh Menpora Imam Nahrawi akibat kebijakan PSSI soal hasil rekomendasi BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) yang tidak meloloskan Arema Malang dan Persebaya Surabaya.    

Di tengah kemelut persepakbolaan tersebut, muncul kasus dugaan korupsi yang menjerat La Nyalla. Ia sempat dijadikan tersangka dalam dugaan penyelewenangan dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2011 - 2014. Namun, majelis hakim memvonis bebas dirinya dalam persidangan di Pengadilan Tipikor pada 27 Desember 2016. (Ant/X-15)

BERITA TERKAIT