05 October 2019, 05:00 WIB

Dhimas Prasetyo Predikat Tunagrahita tak Melemahkan Smashnya


(Gas/M-4) | Weekend

MI/SUMARYANTO BRONTO
 MI/SUMARYANTO BRONTO
Dhimas Prasetyo Predikat Tunagrahita :Dhimas Prasetyo adalah atlet bulu tangkis Indonesia yang menjadi juara di Amerika Serikat.

Kisah heroik dari 'Negeri Paman Sam' juga didatangkan oleh bintang tamu Kick Andy yang satu ini. Dhimas Prasetyo adalah atlet bulu tangkis Indonesia yang menjadi juara di Amerika Serikat. Secara fisik, ia tampak tidak memiliki kekurangan apa pun. Namun, siapa sangka jika ia adalah penyandang tunagrahita. Ia memiliki IQ di bawah rata-rata, yaitu 72.

Ibunda Dhimas, Ernyana, mengatakan gangguan itu didapat oleh Dhimas sejak balita. Kala itu dia jatuh dari ayunan dan mendapat benturan keras di kepala bagian belakang. Pada mulanya Ernyana tidak tahu gangguan itu, dan kemudian baru mendapat tanda-tandanya ketika ia memberikan ASI tetapi justru dimuntahkan Dhimas. Gangguan kemudian semakin jelas ketika usia Dhimas menginjak SD.

Namun demikian, Dhimas kini tumbuh sebagai pria dengan prestasi yang luar biasa. "Saya ingat, bulu tangkis tunggal putra dapat emas, ganda putra emas, dan ganda campuran juga emas," tuturnya.

Dhimas mengikuti klub bulu tangkis sejak kelas tiga SD. Dalam tumbuh kembangnya ia juga kerap mendapat perundungan dari teman-teman sebayanya, tetapi hal itu tampaknya tidak menyurutkan langkah untuk tampil gemilang di Special Olympic Summer Games 2015, di Los Angeles, Amerika Serikat. (Gas/M-4)

BERITA TERKAIT