05 October 2019, 00:40 WIB

Pembuktian Kualitas Ashleigh Barty


Despian Nurhidayat | Olahraga

NOEL CELIS / AFP
 NOEL CELIS / AFP
Ashleigh Barty dari Australia memukul bola balasan saat pertandingan perempat final tunggal putri melawan Petra Kvitova.

ASHLEIGH Barty menunjukkan kapasitasnya sebagai petenis nomor satu dunia saat ini diperempat final Tiongkok Terbuka 2019 kemarin. Kalah di set pertama, petenis Australia itu mampu bangkit untuk menundukkan petenis Republik Ceko Petra Kvitova 4-6, 6-4, 6-3.

"Ini salah satu pertandingan terbaik saya tahun ini. Kvitova selalu selalu punya cara untuk mengeluarkan yang terbaik dalam diriku dan dia benar-benar melakukannya," jelas Barty.

Bagi Barty, ini merupakan kemenangan kedua dalam enam pertemuan dengan Kvitova. Di semifinal, Barty akan menghadapi Kiki Bertens untuk berebut tiket ke final.

Di atas kertas, Barty tidak akan menemui kesulitan untuk mengatasi Bertens. Peringkat delapan dunia asal Belanda itu lolos ke empat besar setelah menumbangkan petenis Ukraina Elina Svitolina 7-6, 6-2. Dalam empat pertemuan sebelumnya dengan Barty, Bertens belum sekalipun meraih kemenangan.

Di laga perempat final lainnya, mantan petenis nomor satu dunia asal Denmark Caroline Wozniacki lolos dari hadangan petenis Rusia Daria Kasatkina. Wozniacki yang merupakan unggulan ke-16 meraih kemenangan 6-3, 7-6. Di semifinal, Wozniacki akan menghadapi pemenang laga perempat final antara Bianca Andreescu (Kanada) dan Naomi Osaka (Jepang).

"Bukan laga mudah menghadapi Kasatkina. Ia petenis yang bagus dan bertalenta. Menghadapinya, saya hanya berusaha tetap fokus sepanjang pertandingan dan senang bisa menyelesaikan laga dalam dua set," ungkap Wozniacki.

Djokovic belum terhenti

Dari turnamen ATP Jepang Terbuka 2019, langkah petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic belum terbendung. Di perempat final, petenis Serbia itu menang mudah atas petenis Prancis Lucas Pouille dalam waktu 50 menit.

Bagi Djokovic, ini menjadi semifinal keenam dalam tujuh turnamen terakhir yang diikuti. Djokovic juga semakin dekat dengan pencapaian Pete Sampras untuk bertahan di posisi teratas rangking dunia enam tahun berturut-turut.

"Itu jelas merupakan salah satu pertandingan terbaik yang pernah saya mainkan di tahun ini, dan menjadi yang terbaik minggu ini. Pertandingan ini datang pada waktu yang tepat. Saya pikir Lucas bermain sangat baik dalam beberapa pertandingan pertama di turnamen ini," ungkap Djokovic.

Di semifinal, Djokovic akan ditantang unggulan tiga David Goffin. Petenis Belgia itu melangkah ke empat besar setelah menyingkirkan petenis Korea Selatan Hyeon Chung dua set langsung dengan skor 6-2, 6-2.

"Goffin merupakan petenis yang sedang dalam performa terbaiknya. Dia berhasil lolos ke final di Cincinnati, dan telah semakin dekat ke peringkat 15, bahkan peringkat 10 dunia," ungkap Djokovic. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT