04 October 2019, 20:01 WIB

Benny Wenda Perintahkan KKB Serang Pendatang di Wamena


Golda Eksa | Politik dan Hukum

AFP
 AFP
 Benny Wenda

PEMERINTAH melalui pihak kepolisian tengah memburu dalang kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Pimpinan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) disebut sebagai aktor yang menginstruksikan kelompok kriminal bersenjata (KKB) untuk melakukan penyerangan.

"KKB itu dapat instruksi langsung dari Benny Wenda untuk menyerang pendatang dan lakukan kerusuhan di kota-kota," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, di Jakarta, Jumat (4/10).

 

Baca juga: Gerindra: Wacana Amendemen UUD bukan Hasil Deal Mega-Prabowo

 

Selain memburu dalang kerusuhan yang menewaskan puluhan warga pendatang termasuk orang asli Papua, terang Wiranto, pemerintah juga fokus menyembuhkan rasa traumatis masyarakat yang terdampak kerusuhan.

Menurut dia, aparat keamanan TNI/Polri berusaha sekuat tenaga untuk memberikan jaminan keamanan agar trauma masyarakat dapat segera dihilangkan. Pemerintah ingin masyarakat di sana dapat kembali menjalankan rutinitasnya.

"Nah, yang terpenting adalah kita segera bisa menetralisir trauma itu, menjamin keamanan masyarakat. Kemudian ada juga jaminan dari para tokoh dan tetua adat di sana agar masyarakat tidak eksodus ke daerah lain," pungkasnya. (GOL-8)

BERITA TERKAIT