04 October 2019, 16:21 WIB

Moeldoko: Pemerintah Jaga Situasi Wamena agar Tidak Ada Eksodus


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

MI/PIUS ERLANGGA
 MI/PIUS ERLANGGA
Keluarga Indonesia untuk Wamena melakukan aksi dan doa bersama di taman pandang, silang barat daya Monas, Jakarta.

KEPALA Staf Presiden Moeldoko mengatakan bahwa pemerintah terus menjaga kondisi yang stabil di Wamena, Papua. Kondisi tersebut, menurutnya, penting diciptakan untuk memberikan keyakinan kepada masyaraka bahwa situasi di sana bisa terjaga dengan baik.

"Intinya pemerintah menjaga situasi kondisi yang stabil, itu harus tercipta dulu. Ini nanti memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa situasi bisa terjaga dengan baik agar mengurangi orang untuk eksodus. Itu yang sedang diciptakan sekarang," katanya saat ditemui di Gedung Krida Bhakti, Jakarta, Jumat (4/10).

Baca juga: Sebut Kerusuhan Wamena Genosida, Hidayat Nur Wahid Dikecam

Ia pun memastikan bahwa pemerintah menjamin keamanan di Wamena. "Pasti lah jaminan keamanan kan sedang berjalan, saat ini jumlah kekuatan yang terlibat bagian dari salah satu upaya memberikan jaminan keamanan," katanya.

Terkait masih banyaknya warga yang melakukan eksodus, Moeldoko menyampaikan dalam situasi tersebut yang terpenting adalah memberikan keyakinan kepada masyarakat terhadap keamanan di sana.

"Justru yang jauh lebih penting adalah memberikan keyakinan kepada masyarakat atau kondisi yang diciptakan oleh aparat keamanan bagaimana semua situasi itu bisa terkontrol dengan baik," tandasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT