04 October 2019, 15:48 WIB

BI Catat Inflasi Minggu Pertama Oktober 0,02%


Faustinus Nua | Ekonomi

MI/MOHAMAD IRFAN
 MI/MOHAMAD IRFAN
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

SURVEI Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) memperkirakan angka Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi sebesar 0,02% secara month to month (mtm) dan 3,13% year on year (yoy). 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (4/10).

Menurutnya berdasarkan SPH tersebut diperkirakan stabilitas harga akan tetap terkendali. Hal ini karena inflasi yang relatif lebih rendah jika dibangdingkan dengan bulan September.

"Jadi kita bandingkan dengan September sebagaimana rilis BPS terjadi deflasi -0,27 mom dan 3,39% yoy," kata dia.

Baca juga: Musim Tanam Mundur, Mendag Minta Pasokan Pangan Jangan Terlambat

Ia menambahkan terdapat beberapa harga yang mengalami kenaikan meski relatif kecil. Harga daging ayam mengalami kenaikan 0,03%, tomat dan sayur 0,01%. Sementara untuk cabe merah masih mengalami deflasi 0,07%, cabe rawit deflasi 0,03%, bwang merah deflasi 0,02% dan ayam ras deflasi 0,03%.

Dengan harga-harga yang tetap terkendali sampai Oktober, Perry yakin kenaikan harga hingga akhir tahun akan sesuai perkiraan BI. 

"Insyaallah sampai akhir tahun akan sesuai perkiraan kita akan di bawah titik tengah sasaran yakni di bawah 3,5 %," pungkasnya. (A-4)

BERITA TERKAIT