04 October 2019, 12:16 WIB

Topan Mitag Tewaskan 9 Warga Korea Selatan


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

AFP
 AFP
Topan Mintag menyebabkan banjir di Gangneung, Korea Selatan, Kamis (3/10). Sebanyak 9 orang dikabarkan tewas. 

TOPAN kuat telah menghantam Korea Selatan, menyebabkan sembilan orang tewas dan lima lainnya hilang. Topan Mitag membawa angin kencang dan curah hujan deras ke bagian selatan negara itu pada Rabu dan Kamis (2-3/10).

Kementerian Dalam Negeri Korsel mengatakan sembilan orang tewas termasuk enam orang tertimbun oleh tanah longsor. Dan tujuh orang terluka dalam insiden terkait topan. Seorang wanita berusia 70-an meninggal setelah tersapu angin kencang di kota tenggara Pohang. Sementara wanita lainnya meninggal setelah hujan lebat yang menyebabkan rumahnya ambruk ketika dia tidur, kata Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan dalam keterangan resmi.

Laporan terpisah menurut Yonhap, petugas pemadam kebakaran di Busan mengatakan seorang ayah berusia 75 tahun juga ditemukan tewas setelah tertimbun tanah longsor bersama istrinya dan anaknya di rumah mereka. Badai Mitag memutuskan aliran listrik pada 48.670 rumah dan membanjiri ratusan rumah dan bangunan lainnya.

baca juga: Trump Minta Tiongkok Selidiki Biden

Presiden Moon Jae-in menulis dalam pesan Facebook ia berduka atas korban jiwa dan meminta masyarakat memberikan dukungan kepada warga yang terdampak topan. Moon mengatakan pemerintah memobilisasi semua sumber daya untuk segera pulih dari kerusakan. Badan cuaca Korea Selatan mengatakan badai menghilang sekitar Kamis siang di perairan lepas pantai timur. (AFP/Yonhap/OL-3)

 

BERITA TERKAIT