04 October 2019, 03:40 WIB

Final AJC 2019 Terulang di Kazan


(Des/R-1) | Olahraga

MI/ADAM DWI
 MI/ADAM DWI
Manajer tim bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti

ULANGAN final kejuaraan beregu campuran Asia Junior Championships (AJC) 2019 antara Indonesia dan Thailand akan terjadi di semifinal Kejuaraan Dunia Junior 2019 di Kazan, Rusia. Kedua negara lolos ke empat besar setelah menundukkan lawan masing-masing di perempat final kemarin.

Di final AJC 2019, Indonesia kalah 2-3 walau sempat memimpin 2-0. Manajer tim bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti, optimistis kali ini Indonesia bisa mengatasi Thailand jika memiliki kepercayaan diri.

"Di AJC kami nyaris menang dari Thailand. Kami belajar dari pertemuan sebelumnya. Kalau pertandingan belum berakhir, harus siap terus. Untuk kekuatan, saya rasa imbang," jelas Susi.

Indonesia lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Hong Kong 3-0, sementara Thailand menyingkirkan Prancis juga dengan skor 3-0. Ganda campuran Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil membuka kemenangan Indonesia dengan mengalahkan Lui Chun Wai/Yeung Pui Lam 16-21, 21-13, 21-17.

Putri Kusuma Wardani memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 2-0 setelah menundukkan tunggal putri Hong Kong Cheng Sin Yan Happy Serena 21-7, 21-18. Tunggal putra Christian Adinata yang tampil di partai ketiga memastikan kemenangan Indonesia setelah menundukkan Jason Gunawan 21-14, 21-23, 21-10.

"Leo (Rolly Carnando)/Indah (Cahya Sari Jamil) baru dimainkan, masih kurang fokus dan kerja sama. Kalau Putri, mainnya bagus, Christian pun begitu," ungkap Susi.

Jika mampu melewati hadangan Thailand, Indonesia mungkin akan menghadapi Tiongkok. Di semifinal, Tiongkok yang menjadi favorit akan bertemu Jepang.

Dari turnamen Yuzu Indonesia Masters 2019 yang berlangsung di GOR Ken Arok, Malang, Jawa Timur, unggulan dua tunggal putri Ruselli Hartawan melangkah ke perempat final setelah menyingkirkan wakil Tiongkok Wei Ya Xin 21-17, 21-12. Selanjutnya, Ruselli akan menghadapi pemain Tiongkok lainnya, Li Yun, untuk berebut tiket ke semifinal.

Tunggal putri Indonesia lainnya, Aurum Oktavia Winata, juga memastikan satu tempat di perempat final setelah mengalahkan rekan sene-gara Sri Fatmawati dengan 21-16, 23-21. Di perempat final, Aurum akan ditantang pemain Vietnam, Nguyen Thuy Linh.

Di tunggal putra, Indonesia memastikan satu tempat di semifinal setelah Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay akan menghadapi Vicky Angga Saputra di perempat final. Adapun Wisnu Yuli Prasetyo akan menantang pemain Malaysia Soong Joo Ven untuk berebut tiket ke empat besar. (Des/R-1)

BERITA TERKAIT