04 October 2019, 02:20 WIB

Trio Gelandang Menjadi Kunci


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

(Photo by Josep LAGO / AFP)
 (Photo by Josep LAGO / AFP)
Gelandang Inter Milan Italia Stefano Sensi (kiri) bersaing dengan gelandang Barcelona asal Brazil Arthur Liga Champions UEFA   Grup F 

ARSITEK Barcelona Ernesto Valverde menunjuk pe-ran trio gelandang Sergio Busquets, Arthur Melo, dan Frankie de Jong menghadirkan kemenangan 2-1 atas Inter Milan pada lanjutan penyisihan Grup F Liga Champions di Stadion Camp Nou, kemarin dini hari WIB.

Terlepas dari penampilan apik Luis Suarez yang menjaringkan dua gol, solidnya penampilan ketiga gelandang itu mampu me-ngontrol permainan dan membawa kemenangan bagi tim. Dua gol bomber asal Uruguay di menit ke-58 dan 85 itu membalas aksi Lautaro Martinez yang membuat Inter Milan unggul lebih dulu saat laga baru memasuki menit ketiga.

Selain itu, kontribusi Lionel Messi juga sangat terasa. La Pulga--sebutan Messi--mampu mengacak-acak pertahanan Inter Milan setelah mendapatkan aliran bola dari trio gelandang dan memberikan assist untuk gol Suarez.

"Dengan Busquets, Arthur, dan De Jong, kami memiliki kontrol di lini tengah. Kami juga butuh pemain yang mampu menembus antara lini tengah dan depan sehingga mampu menempatkan bola di depan gawang. Itulah kunci kemenangan kami," kata Valverde.

Valverde mengatakan pada babak kedua timnya bermain lebih baik dengan mendominasi jalannya pertandingan dan banyak menekan ke jantung pertahanan Inter Milan. Valverde menghadirkan kemenangan pertama di Liga Champions musim ini setelah di laga awal berbagi skor imbang 0-0 dengan Borussia Dortmund.

Di kubu Inter Milan, pelatih Antonio Conte mengaku timnya pantas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari kekalahan. Timnya mampu memberikan perlawanan yang sengit kepada Blaugrana.

"Mungkin beberapa pemain kami kekurangan stamina pada babak kedua karena kami bermain beberapa pertandingan beruntun, Namun, saya tetap yakin seharusnya kami mendapatkan hasil yang lebih baik malam ini," kata Conte.

Lengah

Pada laga Grup E, juara bertahan Liverpool hampir saja membuang peluang meraih 3 poin penting ketika jumpa FC Red Bull Salzburg Austria di Stadion Anfield, kemarin dini hari WIB. Unggul tiga gol lebih dulu, skor kemudian sama, sebelum akhirnya Mohamed Salah melesakkan gol penentu kemenangan dengan skor 4-3 di menit ke-69.

Salah menyatakan the Reds hampir saja kehilangan poin karena lengah. "Ketika unggul tiga gol, harusnya kami mencetak gol yang keempat, kelima, dan keenam. Tapi itu sulit terjadi karena biasanya manusia berpikir, oke kami bakal memenangi laga," kata Salah yang mencetak gol penentu dengan meneruskan umpan matang Roberto Firmino.

Anak asuh Juergen Klopp yang di laga pertama dipecundangi Napoli 0-2 langsung tancap gas dengan gol Sadio Mane di menit ke-9, Andrew Robertson (25'), dan Salah (36').

Salzburg yang di laga awal pada 18 September lalu melibas Genk Belgia 6-2 membalas melalui sumbangan gol pemain asal Korsel Hwang Hee-chan (39'), Takumi Minamino (56'), serta aksi Erling Haaland, 4 menit berselang.

Wakil Inggris lain, Chelsea, juga menang pada laga Grup H. Tampil di kandang lawan, the Blues menundukkan Lille Prancis 2-1. Willian menjadi pencetak gol penentu kemenangan di menit ke-78 setelah skor laga sempat sama kuat 1-1. (AFP/UEFA/R-2)

BERITA TERKAIT