03 October 2019, 19:00 WIB

Puspiptek Innovation Festival 2019 Dorong Peningkatan Inovasi


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

Dok. Kemenristekdikti
 Dok. Kemenristekdikti
Pembukaan Puspiptek Innovation Festival 2019

PENINGKATAN kapasitas inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) diperlukan untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi indonesia.

Hal itu menjadi salah satu tujuan utama dalam penyelenggaraan Pupiptek Innovation Festival (PIF) 2019 yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Graha Widya Bhakti, Serpong, Banten, Kamis (3/10).

PIF 2019 mengusung tema besar Without Limits yang dikerucutkan dalam sub tema Perempuan Bicara Inovasi dan Perempuan yang Menginspirasi.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na'im mengatakan, PIF 2019 bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Iptek dan inovasi di Indonesia, mensosialisasikan produk iptek yang dihasilkan oleh berbagai institusi, memperluas jaringan kolaborasi antar lembaga penelitian, universitas, pemerintah, industri dan masyarakat.

“Selain itu juga untuk mengumpulkan ide, berbagi dan bertukar pengalaman tentang bagaimana sains, teknologi, dan inovasi dapat berkontribusi pada pembentukan komunitas cerdas dan mendorong generasi muda dan perempuan dalam iptek dan inovasi,” katanya saat membuka PIF 2019.

Baca juga : Menristekdikti: Program PPBT Sukses Hasilkan 404 Produk Inovasi

Selain itu juga untuk mengakomodasi berbagai workshop yang berkaitan dengan penelitian, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dan inovasi.

Ia berharap masyarakat mengenal dan mencari tahu lebih lanjut tentang Puspiptek dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, mendorong antusiasme masyarakat umum, khususnya perempuan dan generasi muda, dalam sains, teknologi, inovasi dan kewirausahaan berbasis teknologi.

"Kami juga ingin eningkatkan kontribusi perempuan dan generasi muda dalam pengembangan iptek, dan inovasi,” ungkapnya.

PIF yang berlangsung hingga (6/10) ini merupakan agenda tahunan dan peringatan hari jadi terus memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat melalui ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi.

Ainun menambahkan, pihaknya juga siap menampung inovasi yang punya daya guna ke masyarakat untuk bisa direalisasikan lewat kerja sama dengan dunia industri.

"Misalnya saja soal energi baru dan terbarukan, juga bahan bakar alternatif. Dari sisi pendanaan, juga kami siapkan tapi lewat kolaborasi juga dengan swasta," ujarnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT