03 October 2019, 22:20 WIB

Hubungan Korsel-Indonesia Kini Semakin Erat


MI | Internasional

MI/Melalusa
 MI/Melalusa
Peringatan Hari Nasional dan Hari Angkatan Bersenjata Korea Selatan

DUTA Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom menuturkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan yang telah terjalin dengan baik selama ini semakin erat. Kim mengatakan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan tidak hanya dibangun berdasarkan kepentingan bersama, lebih jauh dari itu juga dilandasi 'dari hati ke hati'.

Hal itu diungkapkannya saat resepsi acara peringatan Hari Nasional dan Hari Angkatan Bersenjata Korea Selatan di Jakarta, Rabu (2/10).

"Selama setahun terakhir, hubungan Korea Selatan dan Indonesia menjadi lebih erat berkat kontribusi dari segenap pihak. Indonesia dan Korea tidak hanya melangkah bersama, tetapi melompat bersama untuk menjadi bangsa yang maju," ujar Kim Chang-beom.

"Yang terpenting ialah kemitraan kami didasari dari hati ke hati. Indonesia dan Korea adalah teman sehati dan sejati," tambahnya.

Kim yang mengenakan batik pada kesempatan itu berharap hubungan persahabatan antara Korea Selatan dan Indonesia dapat terus terjalin dengan erat ke depannya. Ia menggarisbawahi perundingan Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement yang akan segera rampung dapat membuka kesempatan yang lebih luas bagi kedua belah negara.

"Kami berharap dapat menyelesaikan negosiasi IK-CEPA di akhir bulan depan. Negosiasi putaran terakhir akan dilaksanakan pada Oktober ini," ungkapnya.

Sementara itu, Duta Besar Korsel untuk ASEAN Lim Sung-nam mengatakan kerja sama antara Korea Selatan dan ASEAN selama hampir 30 tahun telah memperoleh banyak kemajuan. Ia pun mengumumkan pihaknya akan menggelar ASEAN-ROK Commemorative Summit 2019 yang akan dihelat di Busan pada akhir November.

"Kami menyambut baik seluruh pemimpin dari ASEAN, dan tentu saja termasuk Presiden Jokowi," tutur Lim Sung-nam.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat Hari Nasional dan Hari Angkatan Bersenjata bagi Korea Selatan. Ia pun berharap Indonesia dan Korea Selatan dapat terus melanjutkan kerja sama dan persahabatan. (Uca/X-11)

BERITA TERKAIT