03 October 2019, 19:52 WIB

Pemprov DKI Pasang 102 CCTV Pantau Debit Air


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MI/bary Fatahiollah
 MI/bary Fatahiollah
Petugas dinas Sumber Daya Air DKi Jakarta memasang turap untuk mengendalikan debit air di Kalibaru

DINAS Sumber Daya Air SDA) DKI Jakarta telah memasang sekitar 102 kamera pengawas (CCTV) untuk memantau rumah pompa stasioner, pintu air, dan pos pengamatan hulu sungai besar di Jakarta.

Kepala Subbagian (Kasubbag) TU Unit Pengelola Data dan Informasi (UPDI) Dinas SDA DKI Jakarta, Gde Made Panji Diarsa mengungkapkan kamera CCTV di pos pengamatan hulu adalah untuk memonitor tinggi muka air.

Kemudian, CCTV yang ditempatkan di rumah pompa berfungsi memonitor kondisi atau operasional.

"CCTV yang kita pakai itu pastinya IP CCTV sudah mendukung pengoperasian jarak jauh. arah tampilannya bisa diatur seperti  zoom out dan zoom in. Ada teknologi infra red. Kami operasikan dari ruang command center kami," terang Panji dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (3/10).

Baca juga : Atasi Banjir, Anies Andalkan Waduk

Semua kali atau sungai besar yang masuk ke Jakarta sudah memiliki pos pengamatan hulu yang dilengkapi dengan CCTV. Contohnya, di pos pengamatan hulu Katulampa, Jembatan Panus Depok, pos pengamatan hulu Sungai Pesanggrahan, Kali Krukut, dan Kali Cipinang.

"Di setiap lokasi, CCTV dipasang lengkap dengan perangkatnya seperti tiang, pemancar, jaringan, penangkal petir, dan boks panel. Khusus untuk Pintu Air Manggarai dan Waduk Pluit dipasang dua unit CCTV," kata Panji.

Panji juga menuturkan 15 dari 102 unit CCTV yang sudah terpasang berasal dari pengadaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2019. (OL-7)

BERITA TERKAIT