04 October 2019, 08:00 WIB

2019, Kementerian Pertanian Menjadi Badan Publik Informatif


mediaindonesia.com | Humaniora

DOK KEMENTAN
 DOK KEMENTAN
Pemenang lomba Vlog dengan tema  

Kementerian Pertanian (Kementan), untuk pertama kalinya, menggelar malam pengaugerahan Keterbukaan Informasi Publik lingkup Kementerian Pertanian di Hotel Margo City Depok, Selasa (1/10). Walaupun tiap tahunnya Kementan melakukan kegiatan pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik, namun tahun ini terasa berbeda. Pasalnya, karena dibuat menjadi sebuah event besar dalam rangkaian Rapat Koordinasi PPID 2019 yang dihadiri seluruh UPT Kementan dari Aceh hingga Papua serta Komisioner Komisi Informasi.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Jenderal Kementan Momon Rusmono yang hadir dalam balutan baju petani khas Indonesia, mengatakan, pada 2018, melalui monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Pusat, Kementan memperoleh predikat sebagai Kementerian Menuju Informatif.

“Di Tahun 2019, kita harus melampaui predikat tersebut, dengan menjadikan Kementerian Pertanian sebagai Badan Publik Informatif,” katanya.

Sementara itu, Komisioner Komisi Informasi Romanus Ndau mengapresiasi langkah Kementan melakukan pemeringkatan berkala terhadap seluruh unit kerjanya. “Sesungguhnya ini yang dirindukan oleh Komisi Pusat dan Komisi Daerah seluruh Indonesia bahwa budaya keterbukaan itu bukan karena didorong-dorong, bukan karena dipaksa-paksa, bukan karena diingatkan terus oleh siapapun, tapi karena kesadaran yang tumbuh dalam diri masing-masing,” katanya.

Dari sejumlah kategori yang ada, hampir semua nominasi Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik-Kementerian Pertanian tahun 2019 disabet oleh Badan Karantina Pertanian. Untuk pemenang kategori Eselon I, Badan Ketahanan Pangan melesat meraih juara I, setelah sebelumnya di tahun 2018 hanya berada di 10 besar.

Begitu pula, dengan Stasiun Karantina Sorong yang menjadi sorotan juri pemeringkatan, karena di tahun sebelumnya masih berada di zona merah dalam rapor keterbukaan informasi publik. Namun di tahun ini, meraih juara 2 kategori Eselon III.

Selain mengumumkan pemenang dalam berbagai kategori keterbukaan informasi publik, Kementerian Pertanian juga mengumumkan pemenang lomba Vlog dengan tema 'Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia' yang diikuti oleh masyarakat umum dan unit kerja Kementerian Pertanian.

Pada tahun ini, pelaksanaan monitoring dan evaluasi dilakukan pada 184 PPID Unit Kerja/ Unit Pelaksana Teknis yang melaksanakan pengelolaan layanan informasi publik. Penilaian dilakukan pada situs web, Portal PPID, Self Assesment Questionaire (SAQ) yang telah diisi oleh PPID Unit Kerja/ Unit Pelaksana Teknis, serta komitmen dalam penyediaan dan pelayanan informasi publik. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT