03 October 2019, 12:45 WIB

Jamkrindo Jamin 545 Ribu Debitur di NTT


Palce Amalo | Nusantara

Antara
 Antara
Jamkrindo NTT membantu rehabilitasi bidang pendidikan di SMAN 7 Kuipang

PERUM Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah memfasilitasi penjaminan kredit bagi 545 debitur di daerah itu. Dari jumlah itu, sekitar 28.000 debitur di antaranya berasal dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Penjaminan yang dilakukan Jamkrindo sebagai bentuk antisipasi risiko gagal bayar para debitur dalam melunasi kredit yang dikucurkan perbankan. Masyarakat yang baru memulai usaha, namun kesulitan memperoleh pinjaman dari perbankan karena terbentur agunan, bisa mendapat penjamian dari \Jamkrindo

Kepala Jamkrindo NTT Ahmad Arifin menyebutkan volume jaminan ditargetkan mencapai Rp4 triliun. Jamkrindo memiliki banyak produk penjaminan, namun paling banyak diminati debitur di NTT ialah surety bond atau jaminan proyek, Produk ini paling banyak diminati kontraktor proyek.

"Di seluruh Indonesia, NTT termasuk kontribusi surety bond lima besar di antara cabang Jamkrindo lainnya,' kata Ahmad Arifin di Kupang, Kamis (3/10).

Sebaliknya untuk jaminan kredit usaha rakyat (KUR), di NTT terendah jika dibandingkan dengan daerah lain seperti Sumatra dan Jawa.

baca juga: Sambut Hari Santri Nasional Lazisnu Blora Gelontorkan Air Bersih

"Di sini usaha kecil masih sedikit termasuk di Bali, sedangkan sentra usaha kecil terbanyak di Jawa Timur," ujarnya.

Arifin mengatakan, Jamkrindo NTT juga memberikan pembinaan kepada petan jambu mete di Flores Timur serta bantuan perpustakaan dan ruang belajar untuk SMA Negeri 7 Kupang. (OL-3))

 

BERITA TERKAIT