03 October 2019, 11:01 WIB

Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kembali Dibuka


Tri Subarkah | Megapolitan

ANTARA/Hafidz Mubarak A
 ANTARA/Hafidz Mubarak A
Pelajar dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di belakang gedung MPR/DPR, Jalan Tentara Pelajar, Jakarta, Senin (30/9).

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali membuka akses Jl Gatot Subroto di depan Gedung DPR/MPR RI dan beberapa ruas jalan lain yang sempat ditutup terkait aksi unjuk rasa beberapa hari lalu.

Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum (Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir menyebut pembukaan kembali ruas jalan sudah dilakukan sejak Rabu (2/10) malam.

"Sudah tidak ada penutupan jalan di seluruh daerah Jakarta, tadi malam sudah dibuka dari 19.30 WIB secara bertahap. Sekarang semua sudah clear, tidak ada penutupan," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (3/10).

Ini sekaligus menepis kabar penutupan jalan yang akan dilaksanakan sampai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

"Tidak ada. Kita menutup jalan itu karena situasi seperti unjuk rasa yang sudah diterima melalui rekan intelijen," lanjutnya.

Namun ia tidak menampik kemungkinan untuk menutup kembali ruas jalan apabila aksi unjuk rasa kembali dilaksanakan.

Diketahui, penutupan beberapa ruas jalan dilakukan sejak 23 September 2019, saat kelompok mahasiswa melaksanakan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI.

Mereka menuntut pembatalan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK).

Sebelumnya polisi menggunakan MCB (movable concrete barrier), water barrier, dan security barrier/kawat berduri untuk menutup ruas jalan di sekitar gedung DPR/MPR RI. (OL-09)

BERITA TERKAIT