03 October 2019, 12:00 WIB

Ayah Beyonce Ungkap Perjuangan Melawan Kanker Payudara


Basuki Eka Purnama | Hiburan

AFP/Stephen LOVEKIN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
 AFP/Stephen LOVEKIN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Ayah Beyonce, Matthew Knowles

MATTHEW Knowles, ayah diva musik pop Beyonce, mengungkapkan perjuangannya melawan kanker payudara dan menghimbau kamu pria untuk memeriksakan mengenai kemungkinan mengidap kanker itu.

Pria berusia 67 tahun itu membahas mengenai penyakitnya dalam wawancara dengan Good Morning America, Rabu (2/10).

Knowles mengaku dirinya didiagnosa mengidap kanker payudara pada awal tahun setelah dia dan istrinya menemukan noda darah berulang di pakaiannya dan seprai mereka.

"Dari semua penyakit, mengapa saya mendapatkan penyakit ini?" ujar Knowles mengenai reaksi awalnya. "Dari perspektif laki-laki, saya bertanya, mengapa saya?"

Knowles kemudian mengungkapkan dirinya menjalani operasi pada pekan terakhir Juli dan kini dalam kondisi baik-baik saja.

"Saya berharap dengan kedatangan saya hari ini bisa memberi tahu banyak orang bahwa Anda bisa selamat dari kanker jika terdeteksi sejak awal," kata Knowles.

Baca juga: Tampil di Jakarta, Lukas Graham Pakai Batik

Knowles menambahkan perjuangannya melawan kanker mengubah pandangannya mengenai hidup.

Dia menambahkan, kanker yang dideritanya merupakan pertanda bahwa dia memiliki risiko tinggi mengalami melanoma, kanker prostat, dan kanker pankreas.

"Ini adalah genetis," ujar pria yang merupakan manajer Beyonce mulai akhir 1990-an hingga berpisah pada 2011.

"Ini juga berarti anak-anak saya juga memiliki risiko tinggi. Bahkan, cucu-cucu saya juga berisiko tinggi. Karenanya, mereka telah pergi ke dokter dan memeriksakan diri," papar Knowles.

Menurut data Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit, setiap tahunnya, sekitar 245 ribu perempuan dan 2.200 laki-laki didiagnosa kanker payudara.

Setiap tahunnya, 41 ribu perempuan dan 460 laki-laki di AS meninggal dunia karena kanker payudara.

Oktober merupakan bulan kesadaran kanker payudara. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT