03 October 2019, 11:45 WIB

Ejekan di Medsos Sebabkan Bernardo Silva Didakwa FA


Patrick Pinaria | Sepak Bola

AFP/Oli SCARFF
 AFP/Oli SCARFF
Gelandang Manchester City Bernardo Silva

GELANDANG Manchester City Bernardo Silva mendapat dakwaan dari Asosiasi Sepak bola Inggris (FA). Itu bisa terjadi setelah pemain asal Portugal tersebut mengejek rekan setimnya, Benjamin Mendy, lewat akun Twitter pada 22 September.

Ejekan dilontarkan Silva melalui akun Twitter miliknya. Lewat akunnya, ia memajang foto Mendy masa kecil disejajarkan dengan gambar kartun anak kecil yang berkulit hitam.

Perbuatan Silva terhadap Mendy itu langsung menuai kontroversi. Berbagai kritik pun membanjiri Silva dalam kolom komentar foto tersebut. Banyak yang mengecam sang pemain karena dianggap melakukan tindakan rasial.

Mendy sejatinya tidak tersinggung dengan gambar yang dipajang Silva itu. Bahkan, ia menanggapinya dengan gurauan.

Baca juga: Dua Pemain Pengganti Antar Manchester City Kalahkan Dinamo

Akan tetapi, perbuatan Silva itu ternyata dianggap pelanggaran serius oleh FA. Mereka pun akhirnya menjatuhkan dakwaan kepada sang pemain.

"Bernardo Silva telah didakwa melakukan pelanggaran. Ia melanggar peraturan FA E3 terkait dengan postingan di media sosial pada 22 September 2019," tulis pernyataan FA.

"Diduga bahwa perbuatan pemain Manchester City ini melanggar FA pasal E3 (1) mengenai perbuatan menghina dan/atau tidak pantas dan/atau membuat permainan buruk," lanjut pernyataan mereka.

"Gelandang memiliki waktu hingga 9 Oktober untuk memberikan tanggapan," tutup FA.

Silva pun berhak melakukan banding atas dakwaan tersebut. Namun, ia terancam bisa mendapatkan sanksi lebih berat andai banding ditolak FA. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT