03 October 2019, 00:50 WIB

Rektor Untar Raih Penghargaan Academic Leader Award 2019


Syarief Oebaidillah | Humaniora

Ist
 Ist
Rektor Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan meraih Academic Leader Award 2019 dari Kemenristekdikti.

BERTEPATAN dengan momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ditjen SDID Kemenristekdikti) menggelar Academic Leader Award 2019. Acara itu berlangsung meriah  dihadiri para rektor, dosen, dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia

Academic Leader Award 2019 yang berlangsung di Jakarta, Selasa (1/10) malam, diberikan  bagi para akademisi, khususnya dosen yang telah berkontribusi dalam kemajuan dunia pendidikan tinggi Tanah Air.

Adapun anugerah ini terbagi dalam dua kategori besar, yaitu kategori dosen berdasarkan bidang keilmuan yang diampu, dan kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi atau rektor.

Dalam kategori dosen dengan 'tugas tambahan' untuk Pemimpin Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dianugerahkan kepada Agustinus Purna Irawan dari Universitas Tarumanagara (Untar).

Sebagai Rektor Untar, Agustinus dinilai berprestasi berhasil mengangkat akreditasi institusi Untar dari akreditas B menjadi A. Dia juga berhasil mendongkrak peningkatan peringkat Untar di Kemenristedikti dari 84 menjadi urutan 34.

"Saya mengucap syukur kepada Tuhan atas anugerah melimpah yang telah diberikan kepada Untar melalu Academic Leader Award 2019. Prestasi ini melengkapi kebahagiaan dalam merayakan Dies Natalis ke-60 Universitas Tarumanagara," kata Agustinus melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu (2/10).


Baca juga: 12 Akademisi Raih Penghargaan Tertinggi dari Kemenristekdikti


Menurut Agustinus,semua perolehan ini dipersembahkan kepada semua sivitas akademika Untar yang telah bekerja keras dan terus menerus mengembangkan diri menjadi makin lebih baik.

Dia mengutarakan, sejumlah capaian telah ditorehkan Untar sejak AIPT A Unggul, Sertifikasi ISO 9001:2015, SPMI, Akreditasi Perpustakaan Untar A, 3 Bintang QS Rating, akreditasi internasional Prodi TM dan TS, kenaikan peringkat PT Nasional ke-34, PTS Nasional 8, dan lainnya.

"Semua berkat kerja keras dan kolaborasi sivitas akademika Untar yang didukung semua pihak yang peduli terhadap pengembangan Untar," cetusnya.

Sebagai Rektor, lanjut Agustinus, ia selalu mengajak semua sivitas akademika Untar untuk berkolaborasi menghasilkan capaian yang terbaik, melalui keteladanan, kontribusi, dukungan, dan tentu saja doa.

Semua tugas harus dilaksanakan secara terstruktur, sistematis, dan masif serta mampu telusur yang baik. Kontribusi sekecil apa pun harus didata, sehingga jika dikumpulkan akan menjadi prestasi yang besar.

"Mari kita terus mempersembahkan yang terbaik bagi Untar, sehingga Untar dapat menghasilkan SDM unggul untuk Indonesia maju, dengan nilai nilai integritas, profesional, dan entrepreneurship berdasarkan Pancasila. Salam Untar untuk Indonesia," tandasnya. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT