02 October 2019, 23:22 WIB

Kapolda Papua Bantah Video Papua Kembali Memanas


tri subarkah | Politik dan Hukum

Antara/  Izaac Mulyawan
 Antara/ Izaac Mulyawan
Pengungsi asal Wamena, Papua yang diangkut menggunakan pesawat Hercules tiba di Lanud Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu (2/10)

KEPOLISIAN membantah adanya kerusuhan di Papua sehubungan dengan beredarnya rangkaian video yang beredar di media sosial. Dalam video yang beredar, terdapat kalimat provokatif yang menyebut bahwa pada Rabu (2/10) sore kondisi di Wamena, Papua kembali memanas.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw memastikan bahwa situasi Papua saat ini masih aman.

"Sejak saya dilantik tanggal 30 (September) kemarin, sampai hari ini tidak ada kejadian tuh," ujar Paulus saat dihubungi Media Indonesia Rabu (2/10).

Ia menduga video yang beredar adalah mengenai perang suku yang narasinya sengaja dibangun seolah terjadi hari ini.

"Itu mungkin konflik perang suku yang dihoaxkan oleh beberapa pihak. Video lama itu. Kalau sekarang (kondisinya) aman," tegasnya.

 

Baca juga: Waspadai Video Provokatif Insiden Papua

 

Sementara itu menurut Kasubbag Berita Mabes Polri Alfian Nurmas mengatakan, video tersebut terjadi pada September di Distrik Waghete.

"Itu kejadian bulan kemarin di Kabupaten Deyai, (Distrik) Wagete. Sementara situasi masih aman terkendali. Dan semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Alfian melalui keterangan tertulis.

Sebelumnya, media sosial sempat diramaikan dengan beredarkan rangkaian video yang memperlihatkan kerusuhan di wilayah Papua. Dalam video tersebut, sekelompok orang Papua terlihat membawa busur panah dan terlibat baku tembak dengan aparat kepolisian. Di video lain, terlihat sejumlah anggota TNI yang mengalami luka-luka. (OL-8)

BERITA TERKAIT