03 October 2019, 05:40 WIB

Mitsubishi Tawarkan Ekosistem Energi Dendo Drive House


(RO/Cdx/S-2) | Otomotif

DOK. MITSUBISHI
 DOK. MITSUBISHI
Mitsubishi Tawarkan Ekosistem Energi Dendo Drive House

SETELAH memperkenalkan konsep Dendo Drive House (DDH) di Geneva Auto Show 2019, Maret lalu, Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan dimulainya penjualan terbatas DDH di Tokyo, Jepang, pada 3 Oktober 2019 ini. Rencananya DDH juga akan dipasarkan di luar Jepang.

DDH ialah sebuah teknologi pembagian energi yang memungkinkan pemilik kendaraan untuk menghasilkan, menyimpan, dan berbagi energi secara otomatis antara mobil dan rumah mereka.

DDH merupakan sistem komprehensif yang terdiri atas kendaraan listrik Mitsubishi (EV) atau Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV), charger dua arah menggunakan teknologi vehicle-to-home (V2H), panel surya, dan baterai rumah yang dirancang sedemikian rupa untuk diintegrasikan sebagai bagian dari rumah.

Dengan paket tersebut memungkinkan konsumen untuk mengisi daya kendaraan EV/PHEV di rumah dengan memanfaatkan listrik yang dibangkitkan dari energi matahari. DDH juga memungkinkan kendaraan PHEV konsumen dijadikan sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga.

Sistem itu mampu memberikan manfaat kepada konsumen berupa penghematan biaya listrik, mengurangi ketergantungan pasokan energi pada grid, serta sebagai sumber daya cadangan dalam kondisi darurat.

Melalui DDH, para pelanggan ikut berkontribusi langsung terhadap terciptanya masyarakat rendah karbon melalui pemanfaatan listrik yang dibangkitkan dari energi surya untuk peralatan rumah tangga atau pengisi daya pada kendaraan EV/PHEV.

Saat ini Mitsubishi Motors terus berupaya untuk menciptakan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan nyaman melalui elektrifikasi pada kendaraan dan rumah. DDH ialah sebuah proposal yang membawa nilai baru ke elektrifikasi kendaraan.

Paket DDH ditawarkan sebagai paket inklusif di diler Mitsubishi sehingga memudahkan pelanggan untuk membeli semua komponen sistem bersama-sama dan memastikan kompatibilitas.

Menurut kabar yang dilansir newmobility.news, DDH rencananya akan diperkenalkan di Jerman pada 2020. Di negara-negara maju seperti Jerman, sistem ini sangat mudah dikembangkan lebih lanjut. Alhasil konsumen dapat menjual kelebihan daya listrik yang dimilikinya ini ke jaringan listrik umum (grid).

Manager Komunikasi Mitsubishi untuk Eropa Daniel Nacass mengatakan bahwa semua orang membahas soal mobil listrik. Nacass menganalogikan mobil listrik hanyalah sebuah gunung es, yang bagian terbesar justru tersembunyi di bawah air.

"Jika Anda menghubungkan sebanyak 8.000 unit Outlander PHEV pada jaringan (listrik), Anda akan mendapatkan total daya sebesar 1 gigawatt atau setara dengan daya yang dihasilkan oleh sebuah pembangkit listrik nuklir berukuran kecil," beber Nacass. (RO/Cdx/S-2)

BERITA TERKAIT