03 October 2019, 05:00 WIB

PLN Amankan Pasokan Batu Bara ke Sumatra


(E-1) | Ekonomi

Dok PLN
 Dok PLN
Anak Perusahaan PLN, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAG) meresmikan KM Malahayati Baruna. 

ANAK perusahaan PLN, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAG), meresmikan KM Malahayati Baruna untuk mengamankan pasokan batu bara di wilayah Sumatra.

KM Malahayati Baruna merupakan kapal milik BAG ke-10 dengan kapasitas angkutan 56.000 DWT yang akan dioperasikan langsung, khusus memenuhi kebutuhan angkutan batu bara di seluruh PLTU Sumatra. Untuk tahun ini, diperkirakan jumlah kebutuhan pengangkutan batu bara ke pembangkit PLN mencapai 1 juta metrik ton.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan ke depan tidak menutup kemungkinan kapal itu bisa melayani pengangkutan untuk daerah lain. Hal itu sejalan dengan upaya PLN mengamankan pasokan bagi kebutuhan bahan bakar pembangkit.

"Dengan kepemilikan kapal ini, BAG akan memberikan kontribusi efisiensi biaya hingga 10%. Kami yakin hal ini bisa berimbas pada penurunan biaya pokok produksi dengan tetap memberikan pelayanan terbaik," ungkap Sripeni Inten Cahyani dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Sebagai satu-satunya anak perusahaan yang didirikan untuk pengamanan kebutuhan sarana pengangkutan bahan baku energi primer yang diperlukan PLN dalam menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum, PT BAG ini berkomitmen penuh dalam usaha jasa transportasi laut batu bara dan gas untuk mengamankan pasokan batu bara bagi pembangkit/PLTU milik PLN

Rute angkutan yang dilayani saat ini 50 rute angkutan dari pelabuhan muat ke PLTU di seluruh Nusantara dan akan semakin bertambah seiring dengan pembangunan peningkatan listrik Indonesia.

Plt Direktur Utama PT Pelayaran BAG , Ruly Firmansyah, mengungkapkan bahwa tahun ini merupakan titik awal perusahaan bertransformasi. Pihaknya akan menjadi perusahaan yang tidak hanya melayani kebutuhan transportasi batu bara, tetapi juga menjadi perusahaan integrated service for securing supply sustainability.

Beberapa inisiatif juga dijalankan PT BAG, di antaranya memberikan layanan waterway dredging dan layanan backhaul cargo. (E-1)

BERITA TERKAIT