03 October 2019, 01:40 WIB

Sri Mulyani Literasi bagi Milenial


MI | Hiburan

ANTARA
 ANTARA
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati 

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengingatkan pentingnya literasi, termasuk bagi generasi milenial. Tujuannya, menekan potensi sentimen di masyarakat yang berpengaruh kepada pembangunan bangsa dan negara. "Terutama hari-hari ini di mana kita menghadapi situasi yang tidak mudah, sentimen yang mudah sekali dipicu oleh informasi," jelas Sri Mulyani dalam Festival Literasi di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, kemarin.

Sri Mulyani juga mendorong generasi milenial meningkatkan minat membaca buku, baik fisik maupun digital sebagai referensi yang berbeda dan berguna. Referensi bacaan yang beragam, kata Sri Mulyani, akan memperkaya pemahaman dan wawasan sehingga referensi membaca bukan berdasarkan selera semata. Menurutnya, cara tersebut tepat dilakukan untuk melawan ironi yang terjadi saat ini, yakni informasi yang melimpah dan mudah didapatkan, tapi wawasan masyarakat justru makin sempit dan dangkal.

"Masyarakat menjadi tidak punya empati untuk memahami sudut pandang berbeda sehingga masyarakat bukan mendekat, melainkan malah menjadi terkotak-kotak, berjarak, sehingga mereka makin curiga," ujarnya. (Ant/H-3)

BERITA TERKAIT