02 October 2019, 23:20 WIB

Gnabry Merahkan London Utara


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP
 AFP
Gelandang Bayern Muenchen Serge Gnabry

GELANDANG Bayern Muenchen Serge Gnabry empat kali membobol gawang tuan rumah Tottenham Hotspur, kemarin dini hari WIB, dan mempersembahkan aksi luar biasa itu untuk pendukung Arsenal.

Pada laga lanjutan penyisihan Grup B Liga Champions Eropa di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Gnabry menjadi pahlawan kemenangan 7-2 yang dipetik FC Hollywood--sebutan Bayern Muenchen. Midfielder Jerman berusia 24 tahun itu serasa menjadi wakil Arsenal, klub yang telah mendidiknya sejak muda usia. Karena itu, kemenangan disertai empat gol bernilai lebih karena Tottenham merupakan rival bebuyutan Arsenal di kawasan London Utara.

"Mencetak empat gol adalah perasaan yang luar biasa. Saya membayangkan semua fan Arsenal pasti menikmati gol-gol itu," kata Gnabry.

Gnabry menuliskan 'North London is RED' di akun Twitter-nya. Empat gol yang dilesakkan di menit ke-53, 55, 83, dan 88 serasa telah memerahkan London Utara alias telah dikuasai Arsenal yang identik dengan kostum berwarna merah.

Gnabry yang diboyong Muenchen seharga 10 juta euro pada 2017 menorehkan catatan spesial dengan empat gol di satu laga. Dia menyamai catatan megabintang Barcelona Lionel Messi, pemain terakhir yang bisa mencetak empat gol ke klub Inggris, yakni saat melawan Arsenal di Liga Champions pada 2010.

Tampil di kandang lawan, skuad asuhan Niko Kovac dihentakkan dengan gol cepat the Lilywhites di menit ke-12 yang dilesakkan Son Heung-min ke gawang Manuel Neuer. Klub Bavaria pun bangkit berkat gol Joshua Kimmich, 3 menit berselang. Bomber Muenchen Robert Lewandowski menutup paruh pertama untuk unggul 2-1.

Di babak kedua, Muenchen men-cetak lima gol melalui kecemerlangan aksi Gnabry serta satu sumbangan Lewandowski. Spurs--finalis Liga Champions musim lalu--hanya membalas satu gol lewat penalti Harry Kane di menit ke-61.

Pelatih Spurs Mauricio Poche-ttino menegaskan ingin melupakan kekalahan menyakitkan itu. "Kami sangat kecewa. Setiap peluang dari Bayern berujung gol. Sangat berat untuk menerima hasil ini, tapi kami harus move on dan bangkit," kata pelatih asal Argentina itu.

Pochettino menolak untuk menyalahkan pemain atas hasil mengecewakan itu. Ia mengatakan pemainnya telah bermain baik di babak pertama. Namun, pada babak kedua tim tamu tampil kesetanan.

Selain Muenchen, kemenangan kedua juga dipetik Paris Saint Germain (PSG) dan Manchester City. Di Grup A, PSG unggul 1-0 atas tuan rumah Galatasaray lewat gol striker anyar, Mauro Icardi. Di Grup C, City masih perkasa di kandang dengan unggul 2-0 atas Dinamo Zagreb Kroasia lewat gol Raheem Sterling dan Phil Foden.

 

Gagal menang

Sementara itu, juara Eropa 13 kali Real Madrid kembali gagal menang. Setelah digasak PSG 0-3 di laga pertama bulan lalu, anak asuh Zinedine Zidane harus puas berbagi skor 2-2 dengan Club Brugge Belgia di Santiago Bernabeu.

Tim tamu unggul dua gol yang dilesakkan Emmanuel Dennis di menit ke-9 dan 39. Untung bagi El Real, Sergio Ramos dan Casemiro mencetak gol balasan.

"Kami memulai laga dengan buruk, dan dari menit ke-10 kami tidak konsentrasi di wilayah yang mereka bisa manfaatkan untuk mencetak gol," jelas Zidane.

Zizou--sapaan Zidane--memuji reaksi anak asuhnya saat ketinggalan dua gol. "Saya sangat senang dengan reaksi mereka meskipun saya tidak senang dengan satu poin ini," tandasnya. (Marca/AFP/R-2)

BERITA TERKAIT