01 October 2019, 16:00 WIB

Tokoh Animasi Ajak Anak-Anak Biasakan Minum Susu


Eni Kartinah | Humaniora

MI/Eni Kartinah
 MI/Eni Kartinah
Anak-anak menonton film animasi dengan tokoh utama Zuzhu dan Zazha.

DUNIA anak-anak diidentikan dengan bergembira dan bermain. Mereka memiliki kecenderungan untuk menyukai sesuatu yang hanya menarik perhatian mereka. Film animasi adalah salah satu tontonan yang disukai anak-anak.

Agar anak-anak menyukai susu perlu diberi pengetahuan dengan cara yang tidak membosankan serta tidak mendikte perlu media yang menarik. Salah satunya adalah film animasi edukatif tentang manfaat minum susu yakni film animasi dengan tokoh Zuzhu dan Zazha.

Film animasi dengan tokoh utama Zuzhu dan Zazha mengajak anak-anak dengan cara menarik untuk mengonsumsi minuman sehat berupa susu. Tak hanya itu, dua tokoh film animasi karya animator Bambang Gunawan Santoso tersebut menjelaskan tentang manfaat dan kegunaan mengonsumsi susu.

Tentu kisah yang ditayangkan dalam animasi pendek yang diproduksi Frisian Flag Indonesia (FFI) tersebut bukanlah bentuk sajian kaku. Kisah petualangan Zuzhu dan Zazha harus inspiratif, edukatif, dan akrab dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengajak minum susu, gambar karakter Zuzhu dan Zazha pada kemasan susunya.

“Kami berharap kehadiran sosok Zuzhu dan Zazha dapat menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak, guna menanamkan pesan budi pekerti yang baik, membiasakan  pola hidup sehat,” kata Head of Ready to Drink  Category FFI, Aliah Shalihah kepada wartawan di Jakarta, Selasa (1/10).  

“Sekaligus pengenalan terhadap susu sebagai pilihan minuman sehat dan aman, yang mendukung penerapan gaya hidup sehat sejak dini,” tutur Aliah seraya berharap tokoh animasi Zuzhu dan Zazha bisa mengajak anak-anak minum susu.

Dengan perkembangan teklonogi digital yang melekat pada anak-anak, Aliah menilai duo karakter film animasi tersebut bisa mengajak anak-anak membiasakan mengonsumsi minuman sehat berupa susu.

Pemanfaatan animasi sebagai medium dalam membantu pembentukan karakter anak disepakati psikolog Putu Andani,M.Ps. Ia menyambut baik kehadiran film animasi dengan tokoh utama Zuzhu dan Zazha yang mengajak anak hidup sehat dengan membiasakan minum susu. 

"Bagaimana menjadi konten yang disukai anak-anak? Karakter animasi menjadi salah satunya untuk mengajarkan dan menanamkan perilaku dengan cara menyenangkan," kata Putu.

"Apalagi di era digital saat ini. Ketika anak memasuki masa middle childhood (kurang lebih usia 6-12 tahun) faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak semakin meluas bukan hanya orangtua, teman, guru, namun konten atau hiburan yang dikonsumsi anak sangat mempengaruhi," papar Putu. (OL-09)  

BERITA TERKAIT