03 October 2019, 10:10 WIB

Masakan Nusantara Lebih Tricky


Fetry Wuryasti | Weekend

Dok. Century Park Hotel Jakarta
 Dok. Century Park Hotel Jakarta
 Executive Chef di restoran 100 Eatery & Bar Century Park Hotel Jakarta Kiki Dwi Septiawan

Sebagai juru masak yang telah berkiprah secara profesional sejak tahun 2000, Executive Chef di restoran 100 Eatery & Bar Century Park Hotel Kiki Dwi Septiawan mengaku masakan Nusantara yang kaya akan rasa lebih tricky dalam mengolahnya.

"Makanan Nusantara memasaknya harus lebih sabar, lebih lama, dengan banyak bumbu. Tidak bisa cepat kalau memasak makanan Indonesia," ujar Kiki di Jakarta, akhir September lalu.

Sebagai contoh, ketika mengolah ikan, penggunaan jeruk tertentu diperhatikan bisa mempengaruhi matangnya ikan. Lalu untuk menghasilkan daging yang terasa rempahnya, harus diungkep dahulu setidaknya dua jam, dan dipanggang lagi sampai tercium tipis bau gosong dan rempahnya.

Selain itu, agar sebuah masakan ikan seperti di gulai atau kari, ikan harus dipastikan selalu segar. Pada makanan yang kaya rempah yang kuat, komposisinya juga perlu dirasakan lagi, agar rasa yang dominan tidak salah-salah.

Lain cerita, pada masakan barat, kunci ada pada tekniknya. Dia mengibaratkan, dibandingkan ragam makanan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, makanan western memiliki rupa dan pengolahan yang itu-itu saja.

"Kalau dilihat masakan ala western ya gitu-gitu saja. Tapi rasanya enak. Itu karena ada tekniknya, dari tingkat panas api, atau pan memasaknya harus panas dulu, baru bahan-bahan dimasukkan," ujar chef yang sudah melanglang buana ke berbagai kota di Indonesia dan mancanegara.

Spesialisasi chef Kiki sendiri pada bidang masakan Western dan Indonesia. Dirinya sempat mengambil pengalaman tiga tahun di balik dapur hotel dan restoran di Dubai, lalu hampir empat tahun di restoran resort di Bali, dan delapan tahun menjadi juru masak di beberapa hotel Yogyakarta.

"Seandainya hanya untuk hidup saya menyukai Yogyakarta, di antara yang pernah saya sambangi," ujar Kiki.

Penasaran dengan masakan Indonesia olahan chef Kiki? Seperti kari kepala salmon dan lidah cabai hijau yang menggoda untuk disantap. Cukup datang ke restoran 100 Eatery & Bar Century Park Hotel, Senayan. (M-3)

Baca juga : Manis Asam Kari Kepala Salmon

 

 

BERITA TERKAIT