02 October 2019, 12:36 WIB

JK Instruksikan Kenakan Batik Saat Pembukaan Sidang Umum PBB


Mediaindonesia.com | Internasional

Istimewa
 Istimewa
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memerintahkan delegasi Indonesia mengenakan batik saat pembukaan Sidang Majelis Umum PBB ke-74. 

WAKIL Presiden RI Jusuf Kalla mengajak para delegasi Indonesia untuk memakai baju batik sekaligus memperkenalkan batik pada pembukaan Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-74 di New York, Selasa (24/9).

Ajakan wapres terkait dengan ditetapkannya batik sebagai warisan dunia tak benda UNESCO pada 2 Oktober. Dan setiap 2 Oktober dijadikan sebagai hari batik nasional.  

Delegasi Indonesia yang hadir adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatikan Rudiantara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan dan Dubes LBBP/Watap RI Dian Triansyah Djani. Semuanya menggunakan baju batik.
Busana batik yang mereka kenakan mendapat perhatian para pemimpin dunia yang berpapasan dengan Jusuf Kalla.

Pujian dan komentar datang dari berbagai pemimpin dunia yang berkumpul saat persiapan sesi foto Ketua Delegasi atau Pemimpin Negara Pathfinder SDG 10 &16 di Rose Garden SDG Acton Zone.

Tidak hanya itu, diplomasi batik juga dipakai Jusuf Kalla saat bertemu dengan Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar T.D dan undangan Reception With Pasific Island Developing State, Perdana Menteri Fiji yang juga selaku Chair Pasific SIDS di Events Room, Ground Floor, UN Plaza pada malam harinya.

baca juga: Markle Gugat Tabloid Inggris Terkait Surat Pribadi

"Jadi satu hari itu Wapres JK full gunakan batik di forum internasional," ujar Husain Abdullah-Jubir Wapres RI saat dampingi Wapres dalam lawatan ke negeri Paman Sam.

BERITA TERKAIT