02 October 2019, 07:51 WIB

Harga Avtur Mahal, Wings Air Tutup Rute Penerbangan Kupang-Rote


Palce Amalo | Nusantara

MI/Palce Amalo
 MI/Palce Amalo
Wings Air menutup rute penerbangan Kupang-Rote mulai 3 Oktober 2019

MASKAPAI penerbangan Wings Air menutup rute penerbangan Kupang-Rote, Nusa Tenggara Timur karena merugi akibat harga avtur naik. Harga avtur di Bandara Internasional El Tari Kupang sebesar Rp9.970 per liter, lebih mahal dibandingkan harga avtur di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebesar Rp7.970 per liter.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan penutupan rute penerbangan Kupang-Rote diberlakukan mulai 3 Oktober 2019, dan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Harga avtur tinggi mengakibatkan biaya operasional dan harga tiket naik, namun tidak sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat," kata Danang kepada wartawan di Kupang, Rabu (2/10).

Sejak penaikan harga avtur, jumlah penumpang yang turun maupun yang berangkat dari Bandara DC Saudale di Rote tercatat menurun sampai 3,93%. Adapun tingkat keterisian kusi (seat load factor) Wings Air rute Kupang Rote turun hingga 40%. Untuk rute Kupang-Rote tambah Danang, Wings Air sudah lama merugi sejak adanya penaikan harga avtur.

"Bukan karena Wings Air semena-mena, tetapi ini dipengaruhi biaya operasional yang bersumber dari harga avtur," ujarnya.

Menurutnya harga juga tiket untuk rute tersebut masih berada di bawah tarif batas atas, namun tingkat keterisian penumpang tetap di bawah 50%.

baca juga: Konsep Ibu Kota Baru Ada Industri Digital

Ada enam rute Wings Air lainnya yang juga ditutup mulai 3 Oktober karena penaikan harga avtur yakni Batam-Tanjung Pinang, Palu-Morowali, Palu-Ampana, Manado-Kao, Manado-Naha, dan Manado-Melanguane. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT