02 October 2019, 07:40 WIB

Polri Tetapkan 7 Tersangka Kerusuhan Wamena


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

KEPOLISIAN RI menetapkan tujuh orang sebagai tersangka atas kerusuhan di Wamena, Papua. Diduga, mereka terlibat dalam kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

"Untuk tersangka saat ini sudah tujuh orang di Polsek Wamena," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, kemarin.

Meski belum mau mengungkap identitas tersangka, Dedi mengatakan mereka telah melanggar Pasal 170, Pasal 351, dan Pasal 338 KUHP.

"Dugaan sementara, yang terlibat langsung dari kelompok KNPB. Ada beberapa tokoh sudah diamankan di Polres Jayapura. Dari ULMWP juga," papar Dedi.

Ia menambahkan, kegiatan masyarakat sudah mulai berjalan di Wamena. Pihaknya juga akan memfasilitasi pemulangan pengungsi jika sudah melewati masa trauma.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpau mengatakan pihaknya akan fokus menangani korban dan pengungsi di beberapa wilayah yang terdampak kericuhan di Wamena. Penanganan akan dikoordinasikan dengan pemda dan pihak terkait lain agar terjadi sinergi. Setelah itu dilanjutkan dengan rekonsiliasi dan rehabilitasi.

"Diperlukan bantuan dari semua pihak, terutama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, juga pemda," kata Paulus di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/9).

Kapolda Papua, kemarin, juga menemui warga pengungsi. Ia mengimbau warga untuk tidak pulang kampung dan tidak terprovokasi isu-isu yang beredar.

Sementara itu, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban akan melindungi saksi dan korban kasus Wamena. LPSK juga mendorong agar insiden itu segera diproses hukum.

"Kita akan segera ke lokasi untuk memetakan kebutuhan bagi korban," kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo.

Di Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya akan mengirim tim untuk mendata dan melihat kondisi warga asal provinsi itu di Wamena.

Kemarin, 130 pengungsi asal Sumatra Barat juga telah diangkut KM Ciremai dari Pelabuhan Jayapura menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Tri/Gol/Fer/MC/DY/YH/FL/YR/X-11)

BERITA TERKAIT