01 October 2019, 19:00 WIB

Anggota DPR Termuda Hillary Brigitta Lasut: Ingin di Komisi III


Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum

Dok. Partai NasDem
 Dok. Partai NasDem
Anggota DPR Termuda Hillary Brigitta Lasut

ANGGOTA DPR RI Partai NasDem Hillary Brigitta Lasut cukup mencuri perhatian publik pada momentum pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024 pada Selasa (1/10).

Bukan saja karena parasnya yang cantik tetapi ia menjadi anggota DPR RI paling muda, 23 tahun dan pada hari pelantikan didapuk menjadi Pimpinan DPR RI sementara dan memimpin jalannnya upacara pelantikan.

Bagi dara kelahiran Manado 22 Mei 1996 tersebut, menjadi anggota DPR RI pada usia yang masih sangat muda tidak menjadi masalah.

Pun dengan anggapan orang, mungkin karena lahir dari seorang ayah yang menjadi Bupati Talaud sehingga memudahkan dia terpilih menjadi anggota DPR RI dari Dapil Sulawesi Utara.

"Kami tidak datang, dengan latar belakang anak siapa-siapa, kami memang bukan anak siapa-siapa, tapi kami datang dengan kualitas kami,” ucapnya saat menjawab pertanyaan wartawan.

Baca juga : NasDem: Suara Milenial Mulai diperhitungkan di DPR

Ia mengungkapkan sudah menduga adanya anggapan publik tersebut atau bahkan rekan-rekan di DPR yang lain yang lebih senior :

"Anak muda ini bisa apa? Ya engak apa-apa. Itu juga akan jadi tantangan. Tapi bagi saya modalnya harus bergaul, termasuk dengan senior sehingga mereka juga bisa mengerti nilai yang kita bawa," kata Hillary yang akrab disapa Hil saat menempuh pendidikan di Boston, Amerika Serikat.

Hillary mengaku memiliki passion pada pembenahan hukum di Indonesia dan karena itu ia ingin duduk di Komisi III DPR RI.

"Dunia penegakan hukum perlu inovasi dan tentu juga perlu teknologi. Ini yang akan saya dorong ke depan sehingga lembaga-lembaga hukum kita bisa lebih berkualitas," tukasnya.

Milenial duduk di kursi legislatif kata dia adalah suatu tantangan untuk menjaga idealisme.

Baca juga : Begini Perasaan Hillary Saat Pimpin Sidang Paripurna

"Kan Pak Presiden pernah bilang, kenapa kita membutuhkan milenial ada di jabatan strategis di pemerintah? Karena yang pertama fleksibel, dinamis, dan cepat bergerak. Itu yang kami bawa, supaya kami juga menjaga idealisme politik,” ucap dia.

Saat Pileg lalu, dia lolos ke Senayan sebagai wakil rakyat daerah pemilihan Sulawesi Utara dengan berhasil meraup 70.345 suara.

Bagi dia politik bukan sesuatu yang asing karena dia adalah putri dari ayah dan ibu yang juga berkecimpung di dunia politik. Ayah Brigitta lasut adalah Dr. Elly Engelbert Lasut, Bupati Kepulauan Talaud terpilih periode 2019-2024. Elly juga menjabat Bupati Talaud selama 2 periode sebelumnya 2004 - 2014. (OL-7)

BERITA TERKAIT