01 October 2019, 18:08 WIB

Sudah Dilantik di DPR, Syaikhu Tetap Minati Kursi Wagub DKI


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA/Ahmad Syaikhu
 ANTARA/Ahmad Syaikhu
Politikus PKS  Ahmad Syaikhu

MANTAN Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu mengaku tetap meminati kursi wakil gubernur DKI Jakarta dan siap melanjutkan proses pemilihan cawagub di DPRD DKI.

Padahal dirinya ikut dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 hari ini, Selasa (1/10). Ahmad Syaikhu sebelumnya bersama Agung Yulianto lolos tes kepatutan dan kelayakan yang dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra dalam proses penjaringan cawagub. Kedua nama kader PKS itu pun sudah diajukan ke DPRD DKI Jakarta untuk dilakukan pemilihan.

"Sebetulnya semangatnya tinggal dari DPRD saja. Calonnya sudah diajukan sama Partai Gerindra dan PKS, dua nama yang dimasukan Pak Agung dan saya. Sampai sekarang belum dicabut, kalau DPRD serius tinggal dipilih satu dari dua, itu selesai," kata Syaikhu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/10).

Syaikhu menegaskan jika terpilih oleh DPRD Jakarta untuk menjadi wagub, ia mengaku bersedia untuk mundur dari posisi DPR RI.

"Kalau memang serius, dibahas dan saya harus maju dan partai memerintahkan saya di DKI saya tinggal mundur," ungkap Ketua DPW PKS Jawa Barat ini.

Baca juga: PKS Tangkis Cawagub DKI dari Gerindra

Syaikhu merasa percaya diri dapat memimpin Ibu Kota mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebab, sebelumnya telah berpengalaman sebagai wakil Wali Kota Bekasi.

Namun demikian, ia menyebut perlu adanya kerjasama dari semua pihak.

"Tidak mungkin semuanya diselesaikan kepala daerah, itu terlalu berat apalagi DKI yang sedemikian kompleksitas tinggi gitu ya. Tentu perlu ada support dari wakil kepala daerah," ujarnya.

Untuk menduduki wagub, ia mengaku telah melakukan komunikasi yang intensif dengan DPW PKS DKI serta partai yang duduk di DPRD DKI. (A-4)

BERITA TERKAIT